jaket pria

Ada berbagai jenis jaket pria yang dibedakan mulai dari bahan, model, serta fitur jaket. Saat Anda akan membeli jaket pastikan memilih jaket yang sesuai dengan kegiatan yang Anda jalani. Lalu bagaimana cara memilih jaket yang sesuai?

Berikut tips-tips yang akan membantu Anda untuk mendapatkan jaket yang keren dan pas dengan kegiatan Anda!

1. Pilihlah bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan

Setiap jaket memiliki model dan jenis yang berbeda sesuai dengan kegiatannya, diantaranya mendaki gunung, riding, dan kegiatan outdoor atau indoor lainnya. Bahan dan detail dari tiap jaket pun disesuaikan dengan kegiatan tersebut.

  • Bahan waterproof

Jaket yang terbuat dari material material waterproof biasanya digunakan untuk kegiatan gunung. Pilihlah jaket dengan bahan ini ketika Anda mendaki gunung karena cuaca saat melakukan pendakian tidak bisa diprediksi. Bahan seperti Gore-Tex dapat menjadi pilihan karena selain tahan air, bahan ini juga windproof dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan sirkulasi yang bagus Anda tidak akan merasa kepanasan karena mengalirkan panas tubuh ke luar.

Bahan polyester dan nylon juga bisa dipilih karena bahannya yang ringan sehingga Anda dapat mendaki dengan nyaman. Bahan ini sangat cocok untuk pendakian ringan. Selain itu jaket gunung dengan bahan suedine crossdyed juga bisa dikenakan saat melakukan pendakian di daerah bersuhu rendah karena bahannya yang tebal dan halus dapat jaga agar suhu tubuh tetap hangat.

Untuk Anda yang melakukan pendakian di cuaca dingin, bisa memilih jaket dengan bahan nylon dengan isi down sintetis dan lapisan dalam bahan taffeta untuk menjaga suhu tubuh Anda tetap hangat.

  • Bahan windproof dan waterproof

Anda yang hobby touring wajib memiliki jaket berbahan ini karena cuaca saat touring dapat berubah sewaktu-waktu dan angin yang kencang. Bahan polyester yang ringan dapat menjadi opsi untuk berkendara jarak dekat atau untuk kegiatan berkendara sehari-hari. Sedangkan untuk touring, bahan yang lebih tebal seperti PU dobby mesh sangat disarankan karena bahannya yang tebal dapat melindungi dari angin kencang.

  • Bahan katun

Jaket dengan kasual menggunakan bahan katun yang akan membuat Anda nyaman saat memakainya. Pilihlah bahan jaket yang nyaman dan sesuai kebutuhan Anda. Beberapa jaket kasual ini juga sudah dilengkapi dengan fitur waterproof.

2. Jangan lupa perhatikan detail jaket berdasarkan kebutuhan

Setiap jaket didesain dengan model yang berbeda. Diantaranya ada yang kantong atau saku kanan kiri pada bagian depannya untuk menyimpan barang dan menghangatkan tangan, hoodie untuk melindungi kepala, hingga fitur khusus untuk Anda yang sering berkendara malam seperti fitur reflektif yang sangat penting untuk keamanan ketika berkendara pada malam hari atau kondisi minim cahaya. Detail-detail tersebut sangat penting Anda perhatikan agar jaket yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Warna jaket sesuai dengan jenis kegiatan

Jaket dengan warna cerah seperti merah, kuning, biru terang biasa digunakan untuk kegiatan mendaki, karena dengan warna yang terang ini akan membantu Anda mudah terlihat saat terjadi kondisi yang tidak diinginkan, seperti tersesat saat cuaca buruk.

Sedangkan jaket dengan warna gelap digunakan untuk Anda yang berhubungan dengan penyamaran seperti berburu di alam dan pengendara motor.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.