jas pria

Trend setelan jas pria di Indonesia saat ini tidak cuma bisa Anda lihat saat pesta pernikahan atau pertemuan bisnis saja. Pasalnya, jas juga keren untuk dipakai saat Anda wisuda atau sekadar memenuhi undangan makan malam bersama keluarga. Jangan salah, Anda yang suka tampil kasual juga bisa memadukan jas dengan celana jeans dan sneaker.

Biar Anda kelihatan ganteng maksimal, ada hal-hal yang harus Anda ketahui dan pahami agar setelah jas yang Anda pakai dapat membuat Anda tampak keren. Yuk, cari tahu dulu cara terbaik mengenakan jas pria.

1.  Sesuaikan jas pria dengan jenis acara

Hal paling utama yang wajib Anda perhatikan sebelum memakai jas adalah memahami jenis acaranya. Setelan jas yang biasa dikenakan saat ke kantor umumnya berwarna gelap, seperti abu-abu atau biru dongker. Pastikan Anda punya lebih dari satu jas dengan warna-warna yang berbeda biar tidak kelihatan monoton serta padukan dengan beragam kemeja juga dasi yang bisa bikin Anda kelihatan makin keren.

Sudah tahu kalau suhu udara di Indonesia ini cenderung panas? Nah, saat memutuskan untuk memakai jas sebaiknya Anda menggunakan kaos dalam lebih dulu. Hal ini bertujuan agar keringat bisa diserap dengan baik sehingga tidak menimbulkan noda bekas di permukaan jas. Dengan begitu Anda juga tidak perlu sering-sering mencuci jas.

2.  Perhatikan keseimbangan ukuran

Keseimbangan ukuran pada jas memegang peranan penting yang tidak boleh Anda remehkan. Pasalnya, jas pria memang harus dikenakan dengan ukuran yang pas. Tidak terlalu besar, juga tidak terlalu sempit. Ada empat bagian pada setelan jas yang paling penting untuk diukur dengan tepat, yaitu lingkar bahu, lebar dada, lebar dan panjang lengan, serta panjang jas itu sendiri.

Soal ukuran panjang jas, biasanya jas yang panjang memang bakal bikin Anda terlihat lebih ramping, sementara jas yang cenderung pendek bisa bikin Anda lebih tinggi. Tapi, panjang jas yang pas adalah menutupi resleting celana dan pantat. Jangan memakai jas pria yang terlalu panjang ataupun terlalu pendek. Ingat, Anda harus membuka kancing jas sebelum duduk biar jas nggak gampang rusak.

3.  Jangan asal pilih dasi

Menambahkan dasi sebagai pelengkap jas yang Anda kenakan memang sah-sah saja, tapi bukan berarti Anda bisa asal-asalan saat memilih dan memakai dasi. Ukuran dasi juga harus jadi pertimbangan. Saat memakai dasi, pastikan ukuran lebar dasi harus sesuai dengan lebar kerah biar Anda terlihat lebih rapi. Selain itu, ukuran panjang dasi dasi nggak boleh melebihi pinggang celana. Soal warna, pilih dasi yang lebih gelap dari kemeja yang Anda pakai.

4.  Padu padan setelan jas pria dengan celana yang tepat

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal lipatan celana yang bakal dipadukan dengan jas pria. Celana dengan lipatan halus yang biasanya punya bagian depan sedikit lebih pendek daripada belakang. Model lipatan ini menyebabkan bagian belakang celana berada di sekitar setengah dari tumit sepatu yang Anda pakai.

Pastikan celana yang Anda pakai punya ukuran panjang yang tepat, sehingga kaki tidak bakal terlihat termasuk saat duduk. Ingat, semakin banyak lipatan di celana, maka Anda bakal terlihat lebih pendek.

Share: