sneaker nike, menfesyen

Awas kalau nggak punya 4 sepatu ini!

Selama beribu-ribu tahun, alas kaki, terutama sepatu sudah menjadi suatu item yang staple bagi hampir seluruh manusia di muka bumi ini. Bagaimana nggak, bayangkan jika kamu harus beraktivitas tiap hari sambil bertelanjang kaki! Nggak cuman kakimu bakal sakit, tapi aneka jenis kotoran dan penyakit akan nempel di telapak kaki.

Namun, ya sebenarnya memakai sepatu setiap bepergian telah menjadi common sense bagi setiap orang. Makanya, kali ini saya nggak akan ngebahas apa manfaat memakai sepatu, tapi saya akan ngebahas jenis-jenis sepatu yang kudu kamu miliki dalam outfit rotation-mu. Penasaran? Yuk cus kita ulas guys!

1.Casual Sneakers

New Balance 1600 x Ronnie Fieg “Daytona”

Di tahun 2019 ini, siapa sih yang nggak punya sepasang sneakers? Sepatu yang notabene super nyaman untuk dipakai sebagai daily beater ini merupakan teman baik bagi semua kalangan, mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran, sampai abang ojol. Ya gimana nggak, tidak hanya alas kakimu akan dimanjakan dengan cushion dari sepatu ini, outfit-mu juga akan terlihat lebih fresh dan stylish dengan adanya sneakers yang membungkus kakimu.

Oh ya, enaknya lagi, casual sneakers juga mudah untuk dipadupadankan dengan beragam jenis outfit yang memiliki vibe yang berbeda! Contohnya? Lihat saja New Balance Daytona 1600 x Ronnie Fieg di atas, sepatu ini cocok kamu pasangkan dengan raw jeans, shorts, bahkan jogger pants! Kamu tinggal memainkan saja permainan color coordination pada outfit-mu, karena memang kadang kalau warna sneakers tidak cocok dengan tema overall dari pakaianmu, yang ada kamu malah akan terlihat norak dan dikira badut Ancol.

Kalau kamu penasaran soal cara melakukan color coordination yang mantap pada outfit rotation-mu, yuk ikutin selalu blog ini!

2.Gym/Running Shoes

Nike Zoom Fly SP Shanghai Camo

Memiliki sepasang sepatu olahraga itu sama pentingnya kayak punya jaket di musim dingin, apalagi kalau kamu adalah seorang lelaki yang sadar akan kesehatan jasmani. Nah, sebenarnya bisa sih kamu berolahraga dengan memakai jenis sepatu seperti casual sneakers, loafers, bahkan dress shoes. Tapi kamu emangnya mau menyiksa kakimu? Sepatu gym/running dibuat khusus untuk dipakai dalam aktivitas olahraga/fisik, jadi fitur-fitur yang ada di sepatu tersebut ya pastinya akan cocok di kaki saat berolahraga!

Bayangin deh kalau kamu maksa memakai sepatu “olahraga-olahragaan”, sebut aja deh kayak Yeezy 350, udah sayang sama sepatunya, lama-lama juga ya bakal jebol juga itu sepatu yang harganya selangit. Makanya, daripada begitu mending kamu punya sepatu kayak di gambar di atas. Sepatu Nike Zoom Fly SP ini memang khusus dibuat untuk para pelari, terutama bagi mereka yang suka balapan! Jadi mulai dari sistem cushioning-nya hingga material dari sepatu ini akan klop dan nyaman banget saat dipakai berolahraga.

Sayangi kakimu sama seperti kamu menyayangi rambutmu habis dipakein wax!

3.Dress Shoes

Gucci Horsebit Leather Loafers 1953

Memang, memakai sneakers atau sepatu olahraga setiap harinya jauh lebih nyaman daripada harus menggunakan dress shoes yang notabene jauh lebih formal, kaku, dan kurang nyaman. Tapi, tidak semua orang mendapatkan kebebasan untuk bisa memakai sepatu seenak jidat setiap harinya. Dan ya sebenarnya memang wajib banget untuk semua pria untuk memiliki at least 1 pasang dress shoes. Kalau kamu tanya kenapa, jawabannya gampang. Kamu mau pergi ke kondangan dengan memakai sneakers daily beater-mu yang sudah buluk?

Selain itu, kamu juga mengubah citra dan meng-elevate tampang maupun vibe-mu dengan memakai dress shoes yang dipadupadankan dengan outfit tertentu. Bayangkan kamu memakai blank t-shirt yang di-layer dengan blazer, fitted tartan pants, lalu Gucci horsebit loafers, dijamin setidaknya ibu atau pembantu rumah tanggamu akan klepekklepek deh. Sepatu ini juga cocok jika kamu ingin terlihat lebih mature lho! Ya misalnya kamu umur 12 tahun, dengan memakai dress shoes ya kira-kira kamu akan terlihat seperti lelaki berusia 15 tahun.

Not bad kan? But seriously, intinya kamu mesti deh punya dress shoes!

4.Boots

Red Wing Boots

Kamu tahu serial Dora the Explorer kan? Bisa bayangin nggak kalau Dora tidak ditemani oleh Boots di setiap petualangannya? Tentunya hidupnya akan jadi lebih hambar dan mungkin barangnya udah dicolong semua sama Swiper. Nah, hal itu mirip halnya dengan wardrobe-mu tanpa adanya boots yang berkualitas seperti misalnya Red Wing Boots yang sangat berestetika ini. Sepatu ini, terutama varian kulitnya, dapat dipakai di berbagai kesempatan, mulai dari di kehidupan sehari-hari hingga pada acara semi formal.

Enaknya lagi, kebanyakan boots (yang berkualitas tentunya) akan memiliki umur pemakaian yang panjang, dengan catatan si pemilik merawatnya dengan benar. Cuman ingat bahwa yang aku sedang bicarakan bukan boots karet yang biasa dipakai tukang sedot WC ya! Sepatu boots ini pun hadir dalam berbagai varian bentuk, mulai dari chelsea boots, chukka boots, dress boots, hingga bahkan boots untuk cowboy yang sering kamu lihat di film-film khas midwest US.

Materialnya pun beragam, tapi ya aku sih paling menyarankan yang dibuat dari real leather. Alias bukan yang faux leather karena biasanya leather boots akan tahan lebih lama.


Itu sih kira-kira 4 jenis sepatu yang memang sudah sepantasnya ada di wardrobe atau rak sepatumu. Kalau kamu bertanya soal harga dan ketersediaan sih tentunya kamu nggak usah takut. Karena sudah ada banyak banget merek yang menyediakan keempat jenis sepatu tersebut dalam model dan price point yang berbeda-beda. Ingat ya, barang mahal belum tentu bagus lho!

Kalau kamu mau contoh barang mahal yang nggak ada jelas-jelasnya, coba deh Google Maison Margiela Fusion Sneakers, dijamin kamu kaget dan tercengang!. Intinya sih, pilihlah sepatu yang sesuai dengan style-mu dan pastinya bujetmu juga. Karena mending kamu memakai sepatu yang terjangkau tapi dompet tebel daripada punya sepatu mahal tapi ke warteg aja ngutang.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.