Sepatu Pria

Permasalahan bau sepatu itu terkadang tidak dapat Anda hindari. Jika cuaca panas, kaki Anda akan mengeluarkan banyak keringat yang dapat menempel di sepatu. Sedangkan jika cuaca hujan, ada kemungkinan sepatu Anda ikut basah dan menjadi tempat yang tepat bagi bakteri untuk tumbuh. Keduanya dapat menjadi sumber bau pada sepatu pria kesayangan Anda. Jangan khawatir, berikut ini lima cara menghilangkan bau sepatu sesuai bahannya.

1.      Mencuci sepatu berbahan kanvas

Cara termudah untuk menghilangkan bau pada sepatu berbahan kanvas adalah dengan mencucinya. Baik mencuci secara manual maupun lewat mesin cuci, pastikan Anda menggunakan air panas terlebih dahulu yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab bau pada sepatu. Diamkan sepatu di ember berisi air panas beberapa saat untuk hasil yang lebih maksimal. Setelah itu baru Anda dapat mencucinya menggunakan sabun khusus untuk sepatu dan dibilas seperti biasa.

2.      Bubuk penyerap bau untuk bahan suede

Berbeda dengan sepatu kanvas, sepatu berbahan kulit seperti suede tidak dapat Anda cuci sembarangan. Bubuk penyerap bau dapat Anda gunakan pada sepatu suede. Bahan yang dapat digunakan adalah bubuk kopi untuk suede berwarna gelap dan baking soda untuk suede berwarna cerah. Hal itu untuk meminimalisir tertinggalnya noda berwarna pada sepatu. Anda hanya perlu membuat kantung atau meratakan bahan penyerap tersebut pada sepatu dan meninggalkannya semalaman. Cara ini dinilai aman karena tidak berisiko merusak kualitas bahan suede.

3.      Ekstra minyak untuk bahan pull-up

Masih soal bahan kulit, kali ini ada cara menghilangkan bau untuk sepatu berbahan pull-up. Berasal dari kulit bagian luar membuat pull-up memiliki daya tahan dan kualitas yang lebih kuat dibanding suede. Jadi Anda dapat menggunakan ekstrak minyak untuk dioleskan pada bagian dalam dan juga luar sepatu. Beberapa ekstrak minyak yang dapat Anda pilih seperti zaitun, kayu putih, dan cengkeh.

Ekstrak minyak cocok untuk menghilangkan bau karena memiliki kandungan antibakteri dan antijamur. Selain menghilangkan bau, ekstrak minyak dapat memberi efek kilau pada sepatu kulit.

4.      Air cuka untuk bahan nilon

Sepatu olahraga biasanya menggunakan bahan nilon karena lebih elastis dibandingkan kanvas. Kalau dipakai berolahraga, tentu keringat yang Anda keluarkan dapat menumpuk di sepatu tersebut. Anda dapat menggunakan cairan yang beraroma tajam seperti air cuka untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada sepatu.

Caranya adalah dengan mencampurkan air cuka dengan air mineral dan mengusapkannya baik bagian dalam maupun luar sepatu. Agar lebih maksimal menghilangkan bau, Anda dapat merendam sepatu ke dalam ember berisi air cuka dan air mineral untuk beberapa saat. Selepas sepatu dijemur dan kering, Anda dapat usap ulang dengan air mineral dan bau pun tidak akan tercium lagi.

5.      Lemon untuk bahan beludru

Dari semua bahan sepatu yang sudah dijelaskan, dapat dikatakan bahan beludru adalah yang paling sensitif dibanding yang lainnya. Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu pria bahan beludru adalah menggunakan air lemon. Siapkan semangkuk perasan air lemon yang dicampurkan dengan baking soda. Cairan tersebut dapat disemprot menggunakan botol ke bagian dalam sepatu. Anda juga dapat menaruh sisa kupasan kulit lemon pada sepatu beludru.

Share: