sepatu vans

Sneakers menjadi salah satu sepatu favorite semua orang, salah satunya brand Vans. Vans ini merupakan sepatu sneakers yang biasanya selalu dipakai oleh para skateboarder.

Namun, tidak banyak yang tahu kalau dulu Vans pernah bangkrut akibat salah strategi pemasaran. Apa sajakah fakta menarik dari sepatu yang populer di kalangan anak muda ini? Berikut rangkuman lima fakta menarik sepatu Vans.

1. Awalnya Vans perusahaan karet

Perusahaan Vans telah berdiri sejak tahun 1966 di Anaheim, California. Awalnya perusahaan ini bergerak di bidang karet dengan nama The Van Doren Rubber Company. Perusahaan ini didirikan oleh dua bersaudara, Paul dan James Van Doren. Saat pertama kali Vans dibuka, perusahaan menerima pesanan melalui pre-order sebanyak 12 pasang.

2. Nama tipe ditandai dengan nomor seri

Saat rilis masing-masing tipe sepatu ditandai dengan nomor seri, bukan nama. Sepatu Vans yang dirilis pertama adalah Vans#44 yang sekarang dikenal dengan nama Vans Authentic. Vans The Era dulu dikenal dengan Vans #95, Old Skool dulu adalah Vans #36 dan Vans #98 sekarang lebih dikenal dengan Vans Classic Slip on. Vans terbuat dari canvas tebal, berulir nilon.

3. Sepatu para skateboarder

Sepatu Vans identik dengan olahraga ekstrim. Tahun 1970, Vans menjadi sepatu pilihan para skateboard dan pengendara BMX karena sepatunya memiliki material kulit pada bagian kaki dan tumit agar lebih nyaman saat dipakai.

4. Bisa custom motif sepatu

Tahun 2004 Vans memberikan kesempatan kepada customernya untuk memesan sepatu Vans dengan desain yang sesuai keinginan costumer mulai dari motif kotak-kotak, polka dots, sampai garis-garis.

5. Pernah bangkrut

Salah satu pendiri Vans, James, ingin membuat Vans menjadi merek sepatu seperti Nike yang memproduksi berbagai sepatu atletik, mulai dari sepatu basket hingga sepatu bola. James juga ingin membuat kualitas sepatu Vans melebihi Nike. Akan tetapi usaha ini tidak berhasil karena orang tidak mengetahui Vans sebagai sepatu atletik.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.