topi pria

Menggunakan topi pria yang tinggal di negara tropis sangatlah bermanfaat karena melindungi kepala dari teriknya matahari dan juga mewajibkan pria Indonesia untuk menggunakan pakaian yang lebih nyaman supaya tetap terasa sejuk. Namun, bukan berarti pria Indonesia tidak bisa memilih pakaian yang stylish. Terdapat beberapa pakaian stylish khas musim panas yang dapat jadi pilihan, termasuk topi Panama.

Meski hanya sebagai aksesoris penunjang penampilan, topi pria ini bisa menyuntikan gaya elegan dan stylish secara instan pada pria berpenampilan kasual atau formal. Selengkapnya, berikut ini adalah hal-hal yang perlu pria ketahui soal topi Panama.

1.   Desain ciri khas topi pria Panama

Menjadi aksesori sejak abad ke-18, topi Panama memiliki desain yang klasik dan tidak pernah berubah. Topi pria yang dikenal juga sebagai toquilla hat ini identik terbuat dari bahan jerami dengan pilihan warna cerah. Meskipun bernama Panama, topi pria yang berasal dan menjadi cagar budaya Ekuador ini ringan serta tidak akan terasa gerah saat dipakai penggunanya.

Topi Panama pun memiliki bentuk seperti fedora, di mana ada lekukan ke arah depan pada bagian tengah mahkota. Terlepas dari beragam variannya saat ini, topi Panama dapat digunakan oleh pria dan perempuan.

2.   Pertimbangkan bentuk wajah

Kadang pria merasa tidak cocok saat menggunakan topi. Nah, biasanya karena topi yang dipakai tidak sesuai dengan bentuk wajah. Bagian pinggiran topi Panama dapat membantu untuk memutuskan apakah Anda termasuk hat guy atau bukan. Jika Anda memiliki porsi tubuh yang lebih besar dan berwajah bulat, ada baiknya topi Panama yang dipilih memiliki pinggiran yang lebih lebar.

Lalu sebaiknya pilih topi berwarna cerah dengan pita yang tidak terlalu lebar. Dengan begitu, wajah Anda akan terlihat lebih ramping saat memakai topi Panama.

3.   Pastikan topi pria yang dipakai ukurannya pas

Berhubungan dengan poin sebelumnya, topi Panama akan terlihat lebih stylish saat dipakai jika ukurannya pas dengan kepala Anda. Biasanya pria kesulitan mendapatkan jenis hat yang tepat karena ukuran yang terbatas. Jadi pastikan Anda mencari topi pria yang sesuai dengan ukuran kepala agar terasa nyaman saat digunakan.

Selain itu, ukuran topi yang pas tidak akan mudah bergerak saat dipakai dan bisa disesuaikan dengan personal style. Gunakan topi secara datar untuk gaya konservatif atau miringkan sedikit yang dapat memberikan kesan jaunty look saat memakainya.

4.   Perhatikan kualitas topi Panama

Sama seperti pakaian lainnya, terdapat beberapa tingkatan soal kualitas topi Panama. Biasanya kualitas topi dapat dilihat dari seberapa rapi dan halus tenunannya. Semakin sempit tenunan topi akan membuat topi terasa lebih ringan dan fleksibel. Namun, biasanya topi dengan kualitas tersebut membutuhkan waktu pengerjaan berminggu-minggu.

Lamanya waktu pengerjaan menunjukan seberapa berkualitas topi tersebut. Anda bisa memilihnya sebagai investasi karena akan lebih awet. Namun, saat ini sudah banyak topi alternatif dengan harga yang lebih terjangkau.

5.   Cocok dipasangkan dengan segala gaya

Sebelumnya sudah dikatakan topi ini bisa dipakai untuk agenda kasual sampai formal. Cara memutuskannya adalah lewat pemilihan warna. Biasanya, warna cerah khas topi Panama seperti bleached white akan lebih tepat jika digunakan pada acara formal. Sebaliknya, semakin gelap warna topi seperti tan lebih cocok dipakai dengan gaya yang kasual.

Namun, apapun warna topi Panama sebenarnya cukup mudah ketika dipasangkan dengan setelan jas. Terlebih, sekarang banyak pilihan warna topi pria dan pita dengan desain kontemporer yang bisa memberi kesan modern.

Share: