dasi pria

Dasi adalah aksesoris penting yang harus ada di lemari pakaian seorang pria. Seorang pria setidaknya harus memiliki beberapa dasi yang cocok untuk berbagai event seperti wawancara kerja, acara-acara khusus, maupun untuk digunakan saat makan malam romantis di restoran mewah.

Oleh karena itu, mengenakan dasi tidak boleh sembarangan. Agar tidak salah pakai, berikut jenis-jenis dasi yang harus wajib diketahui oleh pria.

1.      Four in hand necktie

Dasi jenis ini adalah jenis dasi yang sangat umum dipakai untuk bekerja dan berbagai acara formal. Sangat cocok untuk dikenakan dengan semua jenis kemeja dan dianggap sebagai “standar”.

Jenis dasi pria ini cocok untuk bisnis dan acara formal, karena sangat mudah dipasangkan dengan pakaian profesional. Dasi ini punya macam-macam lebar, warna, corak, dan bahan, jadi pilihannya banyak.

2.      The seven fold tie

Seven fold tie sekilas mirip dengan dasi jenis Four In Hand Necktie, namun dasi jenis ini terlihat lebih lebar dan terbuat dari sutra persegi yang cara menggunakannya dilipat tujuh kali. Dasi ini cocok digunakan untuk bekerja atau acara-acara formal.

Karena cara dasi ini dibuat, ia tidak memiliki garis, tetapi tebal, artinya kalian dapat membentuk simpul yang bagus dengan sedikit usaha. 

3.      Skinny necktie

Skinny necktie merupakan dasi jenis dasi tradisional, tetapi memiliki lebar yang lebih pendek. Jenis dasi ini menjadi populer di tahun 50-an dan 60-an, dengan band-band seperti The Beatles memakainya di atas panggung.

Skinny necktie masih populer hingga saat ini, dan dapat dikenakan di tempat kerja. Dasi ini bahkan dapat dikenakan dengan jas maupun dengan celana jeans. Perlu diketahui bahwa, jenis dasi ini terlihat paling baik pada pria dengan tubuh langsing.

Hal yang membuat dasi ini berbeda adalah bentuknya yang lebih kecil dan terlihat lebih casual karena modelnya yang memang tidak kaku dan cenderung lebih dinamis.

4.      Ascot

Ascot, adalah tipe dasi yang mirip dengan Cravat. Jadi apa perbedaan antara Ascot dan Cravat? Perbedaan utama terletak pada penempatannya.

Ascot ditempatkan di bawah kerah, sedangkan Cravat ditempatkan di atas kerah. Ascot juga dianggap lebih informal. Ascot tie dikenakan pada acara-acara resmi, dan biasanya dilepas, dan dikencangkan dengan jepitan dasi.

5.      Cravat

Cravat adalah gaya dasi yang lebih longgar, yang terlihat seperti campuran antara dasi dan syal sutra.

Cravat biasa digunakan untuk acara-acara resmi, meskipun beberapa seragam militer juga menggunakan ascot dibandingkan dasi biasa. Dasi ini mendapatkan namanya pada hari perlombaan di Ascot Racecourse di Inggris sebagai dasi pilihan.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.