alat cukur

Bercukur merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh pria untuk menjaga penampilan agar tetap rapi dan bersih. Akan tetapi tidak banyak pria yang tahu apa saja sebenernya alat cukur yang mereka butuhkan dan apa saja jenisnya.

Alat cukur yang beragam tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda juga. Perlengkapan cukur tersebut akan menunjang kegiatan selama bercukur dan juga melindungi sekaligus memaksimalkan hasil bercukur Anda. Apa sajakah perlengkapan cukur tersebut?

1. Shaving Foam

Saat akan cukuran, Anda harus memperhatikan busa cukur yang akan digunakan. Busa untuk bercukur ada tiga jenis, yaitu shaving cream atau foam, shaving soap, dan shaving gel. Ketiga busa cukur tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Foam dikemas dalam kaleng dan memiliki kadar air yang lebih banyak, sedangkan krim dikemas dalam tube.

Shaving soap merupakan jenis busa yang paling sering digunakan oleh bangsa British zaman dulu dan karena berbentuk seperti sabun. Namun shaving gel merupakan lathers yang paling banyak digunakan beberapa tahun belakangan ini, kekurangan dari shaving gel adalah lebih sulit dibersihkan dibandingkan jenis busa lainnya.

2. Brushes

Untuk mendapatkan hasil cukur yang maksimal, Anda harus menggunakan brushes yang tepat untuk mengaplikasikan lather ke wajah Anda. Brush ini digunakan untuk memijat bagian yang akan dicukur, melembutkan jenggot, serta membuat jenggot lebih mudah dicukur. Pilihlah brushes dengan bulu yang halus, flexible dan tebal sehingga tidak sakit saat terkena wajah.

3. Electric Shavers

Electric shavers merupakan pilihan alat cukur yang tepat untuk Anda yang ingin bercukur dengan cepat. Hasil cukur pun berbeda dengan hasil cukur safety razor. Hal ini dikarenakan mata pisau pada electric shavers tidak langsung menyentuh kulit, sehingga alat ini tidak akan membuat kulit seperti terasa terbakar atau iritasi.

4. Safety Razor

Bagi Anda yang tidak suka menggunakan alat cukur elektrik, Anda bisa menggunakan pisau cukur tradisional yang dikenal dengan safety razor. Penggunaan alat cukur ini sangat mudah, yang harus Anda perhatikan adalah Anda harus mengganti pisau atau siletnya secara teratur. Setelah pemakaian alat cukur, jangan lupa mengeringkan dan membersihkannya agar mata pisau tidak berkarat.

5. Straight Razor Shave

Selain dua alat cukur di atas, Anda juga bisa menggunakan straight razor shave, yaitu pisau cukur yang berbentuk pisau kecil yang lurus. Alat cukur ini bisanya digunakan oleh tukang cukur ahli di barbershop. Karena pengaplikasiannya lebih susah, Anda juga harus mengetahui teknik mencukur menggunakan straight razor jika ingin menggunakan alat cukur jenis ini.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.