jas pria

Model jas pria ini cocok disesuaikan dengan badan. Karena tidak semua pria mempunyai ukuran tubuh proporsional. Berbagai jenis model jas, celana, dan aksesoris pria yang tersedia dapat berfungsi untuk menjadikan tubuh Anda terlihat lebih ideal. Jas sering dijadikan lambang kemapanan pria dan melekat pada gaya hidup. Banyak pria yang ragu untuk memakainya karena terlalu identik dengan kesan formal yang erat.

Tidak perlu ragu lagi untuk memakai jas, kami punya taktik jitu untuk membuat tubuh Anda terlihat proporsional.

1.      Tipe bentuk kurus

Untuk Anda yang memiliki tubuh kurus sebenarnya bebas memilih tuxedo yang Anda sukai. Triknya hanya cukup ‘pas’ saja. Bila Anda tetap tidak percaya diri dengan tubuh yang kurus, kenakan model jas dengan bagian depan yang bertumpuk atau dengan model kancing double-breasted. Model tersebut dapat memberikan kesan tubuh lebih berisi.

Untuk celana formal, ada dua jenis yang dapat cocok dengan si tubuh kurus, pleated (lipit) atau flat front (datar tanpa lipit) akan memberikan kesan yang modern serta menunjang postur tubuh Anda.

2.      Tipe tubuh gemuk

Jas pria dengan satu kancing atau single button memang cocok untuk pria dengan postur gemuk karena membuat bagian pinggang terlihat lebih kurus. Anda juga bisa memilih jas dengan model dua kancing, asal tidak lebih dari dua ya karena semakin banyak kancing akan semakin membentuk lipatan perut.

Dengan model shawl lapela atau bentuk kerah yang melengkung sangat ideal untuk tipe tubuh tinggi dan gemuk. Hindari memakai baju atau celana yang ketat, bukan terlihat lebih stylish malah akan semakin mempertegas bentuk tubuh Anda. Celana jenis flat front akan membuat kaki Anda lebih ramping, dasi panjang lebih pas sebagai aksesori dibandingkan dengan dasi kupu-kupu.

3.      Tipe tubuh pendek

Pilihan jas pria terbaik untuk Anda yang bertubuh pendek ialah model bodyline atau garis tubuh yang memanjang. Hindari memakai jas body fit yang akan menegaskan postur Anda yang kurang tinggi. Dengan menunjukan sedikit kemeja putih Anda di dalam jas, akan membuat tangan Anda terlihat lebih panjang. Motif pinstripes dan micro-checks akan membuat tampilan Anda terlihat lebih tinggi.

Jika Anda ingin memakai ikat pinggang, tutupi ikat pinggang dengan jas dan usahakan tidak terlihat. Karena ikat pinggang yang terlihat akan membuat kaki Anda terlihat lebih pendek. 

4.      Jas pria dengan tubuh tinggi

Sebenarnya postur badan yang tinggi merupakan idaman setiap pria. Tetapi, tak semua model jas cocok dengan pria bertubuh tinggi. Pilihlah jas dengan model yang lebih panjang dan bermotif sedang. Usahakan kemeja Anda tidak terlalu keluar dan mendahului jas, karena tangan Anda akan terlihat lebih panjang.

Tambahkan pocket handkerchief agar terlihat lebih stylish. Hindari celana yang terlalu panjang atau terlalu pendek, setidaknya celana Anda pas pada mata kaki.

5.      Jas pria dengan tipe tubuh atletis

Pasti Anda pernah mengeluhkan lengan yang berotot dan terlihat begitu ketat ketika memakai jas. Hindari jas pria dengan padding karena akan menambah lengan Anda terlihat lebih besar. Hindari baju dan jas ketat yang akan memperlihatkan dada Anda lebih besar serta paha yang terlihat kekar. Serta hindari jas yang terlalu banyak kancing, detail, dan kantung yang akan membuat tubuh Anda makin lebar.

Share: