sepatu kulit

Bagi pria, sepatu merupakan salah satu item fashion yang penting bagi mereka. Penampilan mereka akan lebih terlihat keren saat mereka mengenakan sepatu kulit di acara formal maupun semi formal.

Sepatu dengan bahan kulit memerlukan perawatan yang berbeda dibandingkan bahan lain seperti canvas. Salah menggunakan pembersih sepatu dan alat yang digunaka untuk membersihkannya berakibat sepatu Anda menjadi rusak. Berikut tips membersihkan san merawat sepatu kulit.

1. Gunakanlah Sikat Sepatu yang Lembut

Kotoran yang ada pada sepatu bisa dihilangkan dengan menyikat secara lembut menggunakan sikat khusus sepatu kulit. Jangan menyikat terlalu keras karena akan merusak kulit sepatu. Bagian jahitan dan sol sepatupun juga harus dibersihkan agar tidak ada kotoran yang menyempil dan berpotensi merusak sepatu secara perlahan.

2. Cuka dan Air untuk Menghilangkan Noda Garam

Noda garam bisa dibersihkan dengan menggunakan larutan cuka dan air dan gosoklah dengan lap yang lembut. Setelah itu segera keringkan dengan kain lap yang bersih dan lembab agar bekas larutan cuka dan air tidak terlalu meresap ke sepatu.

3. Bedak untuk Menghilangkan Noda Lemak dan Minyak

Noda minyak dan lemak yang menempel di kulit sepatu seringkali susah untuk dihilangkan. Salah satu tipsnya adalah dengan menaburkan bedak ke permukaan kulit sepatu dan tunggu selama kurang lebih 2 jam sampai minyaknya terserap, lalu bersihkan dengan sikat yang lembut.

4. Gunakan Semir Sepatu Khusus Kulit

Jangan lupa gunakan semir dan sikat khusus, setelah disikat bersihkan sisa semir dengan menggunakan kain bersih. Perlu diingat jangan menyemir bagian semir ke sol sepatu yang tidak terbuat dari kulit.

5. Menyeka Sepatu Dengan Kain Lembab dan Sabun

Gunakanlah sabun cair yang lembut atau pembersih bahan kulit dan gosok secara perlahan. Lalu lap sepatu menggunakan kain lain yang basah agar sisa sabun pada kulit sepatu bersih. Letakkan sepatu di ruangan yang sejuk untuk mengeringkan sepatu, perlu diingat jagan gunakan pemanas karena sepatu bisa menjadi retak ataupun warnanya menjadi berubah.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.