jam tangan pria

Saat ingin memilih jam tangan, penting untuk diperhatikan bahwa satu ukuran saja tidak cocok untuk semua tangan. Oleh karena itu, pada saat Anda berencana membeli jam tangan, Anda perlu tahu tips memilih jam tangan yang tepat sesuai dengan ukuran pergelangan tangan Anda. Selain menentukan model jam tangan, pria perlu memikirkan beberapa pertimbangan sebelum membeli jam tangan pria.

Meskipun tidak ada aturan yang ditetapkan untuk ukuran atau bentuk yang sempurna, ada tips yang dapat Anda ikuti untuk membantu mendapatkan jam tangan yang proporsional. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli sebuah jam tangan pria.

1.      Ukuran pergelangan tangan

Sebelum Anda menemukan jam tangan yang tepat untuk pergelangan tangan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui ukuran pergelangan tangan. Apakah pergelangan tangan Anda sangat tipis, ramping, sedang, atau tebal akan berdampak pada jam tangan yang pas untuk Anda.

Mengetahui ukuran pergelangan tangan pria dapat membantu Anda dalam berbelanja online serta memudahkan dalam memilih desain yang cocok dengan preferensi Anda. Jika sudah mengetahui ukuran pergelangan tangan, Anda dapat memilih jam tangan tanpa mencobanya lagi.

2.      Diameter jam tangan

Diameter case merupakan pertimbangan paling penting saat membeli jam tangan baru. Secara umum, diameter arloji pria berkisar dari 38 mm hingga 46 mm. Di luar rentang ukuran ini, diameter cenderung tampak terlalu kecil atau besar. Untuk menemukan ukuran yang sempurna, gunakan ukuran pergelangan tangan Anda.

Jika pergelangan tangan di antara 14-18 cm, pilih jam tangan kecil atau sedang dengan diameter 38 mm, 40 mm atau 42 mm. Jika pergelangan tangan Anda 18 cm keatas, pilih casing yang lebih besar, seperti yang berukuran 44-46 mm.

3.      Ketebalan case

Pertimbangan selanjutnya yang harus Anda perhatikan ialah ketebalan case. Sebagai aturan umum, ketebalan case harus proporsional dengan diameternya. Dengan demikian, ketebalan harus bertambah besar seperti diameter. Dengan tetap berpegang pada aturan ini, Anda akan dapat memilih jam tebal untuk pergelangan tangan, asalkan diameternya tepat.

Biasanya, jam yang berdiameter 38 mm hingga 42 mm akan memiliki ketebalan 7 mm. Jam tangan dengan ukuran diameter 44 mm ke atas biasanya memiliki ketebalan 9 mm ke atas.

4.      Tali jam tangan

Berbicara mengenai tali, jam tangan yang paling proporsional memiliki lebar setengah dari diameter case. Oleh karena itu, jika jam tangan Anda memiliki ukuran case 42 mm, seharusnya jam tangan tersebut memiliki lebar tali 21 mm. Tentu saja, ini hanyalah panduan, dan banyak pria yang lebih menyukai brand yang lebih lebar atau sempit tergantung selera mereka.

5.      Material strap

Untuk memilih jam yang sempurna untuk pergelangan tangan Anda, material strap sama pentingnya dengan lebar. Karena bahan logam tampak lebih berat dan lebih tebal daripada yang berbahan kulit, tali logam paling baik untuk pergelangan tangan yang lebih besar. Namun, ini juga bisa menjadi masalah preferensi pribadi dan dapat ditemukan band-band metal tipis, seperti Milanese Style.

Nah, itulah beberapa tips memilih jam tangan berdasarkan ukuran pergelangan tangan. Jika Anda ingin tampil terlihat menarik namun belum memiliki ukuran jam tangan yang pas, kebetulan di Shopee lagi ada Promo 12.12 Big Sale. Sebelum promonya terlewatkan, ayo segera kunjungi aplikasi Shopee, pilih produk yang diinginkan, dan serbu promonya sekarang juga.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.