jas pria

Jas pria mungkin sekilas terlihat sama dan tidak memiliki pengaruh banyak, tapi penggunaan bahan pada setelan jas justru jadi faktor utama yang harus pria pertimbangkan. Kualitas setelan jas sendiri dapat dengan mudah dinilai berdasarkan bahan yang digunakan. Terlebih, setiap bahan memiliki waktunya sendiri untuk pria pakai.

Pernah merasa kegerahan saat memakai setelan jas? Masalah tersebut bisa terjadi jika bahan yang digunakan pada setelan jas tersebut terlalu tebal. Supaya terhindar dari masalah yang sama, simak panduan memilih setelan jas pria berdasarkan bahan berikut ini.

1.  Tampil klasik dengan jas pria bahan wol

Salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk setelan jas adalah wol. Bahan ini dapat disesuaikan untuk setelan jas pria dengan beragam kebutuhan. Mulai dari acara formal sampai sekadar untuk menjadi pakaian kantoran. Banyaknya pilihan cara pakai setelan jas ini sendiri karena wol dapat menghasilkan anak bahan lainnya.

Sebut saja flanneltweedgabardine, dan beragam bahan lain yang memiliki ciri khas tersendiri. Hanya saja, setelan jas pria berbahan wol biasanya memiliki siluet dan potongan yang lebih tebal. Jadi hindari jika Anda mencari slim suit.

2.  Tampil kasual dengan bahan katun

Jika Anda mencari setelan jas yang memiliki kesan kasual, bahan katun dapat menjadi pilihan. Bahan katun sendiri memang pun dapat membuat setelan jas lebih terasa nyaman, ringan, dan breathable. Setelan jas berbahan katun pun umumnya menjadi primadona saat musim panas sedang tiba.

Meski begitu, setelan jas berbahan katun dapat digunakan sepanjang tahun mengingat gayanya yang klasik. Tidak hanya untuk tampilan formal saja, kelebihan lain dari setelan jas katun adalah bisa digunakan dengan kaos polos dan sneakers untuk tampilan kasual.

3.  Jas pria bahan linen dikenal ringan

Masih soal bahan yang ringan, kali ini ada linan yang biasanya juga digunakan pada summer suit. Itu yang membuat setelan jas pria berbahan ringan lebih cocok digunakan untuk penampilan kasual. Namun, pria juga masih bisa menggunakannya secara formal selama setelan jas berwarna gelap.

Sayangnya, bahan yang paling breathable dan terasa nyaman saat bersentuhan dengan kulit ini memiliki kekurangan lebih mudah kusut. Jadi lebih cocok digunakan untuk beach wedding yang memang bernuansa lebih kasual ketimbang harus dipakai pada acara formal seperti gala dinner.

4.  Tekstur ala bahan korduroi

Jika bahan-bahan sebelumnya lebih cocok digunakan saat cuaca sedang panas, ada pula pilihan bahan yang lebih tebal seperti korduroi. Jika cuaca sedang dingin, manfaatkan kesempatan ini agar Anda dapat tampil stand out dengan mengenakan setelan jas korduroi. Meskipun bahannya dikenal tebal serta bertekstur, korduroi pada setelan jas tetap akan terasa nyaman dan tidak gatal saat bersentuhan dengan kulit.

Jika Anda tertarik memakainya, pastikan setelan jas yang digunakan memiliki potongan slim agar tidak terlihat terlalu menumpuk dan terkesan youthful.

5.  Tampil mewah dengan bahan sutra

Dibanding bahan-bahan sebelumnya, kali ini ada bahan sutra yang harganya dikenal relatif lebih mahal. Tentu bahan sejenis sutra akan lebih cocok digunakan pada acara formal tertentu saja. Kesan mewah dapat ditampilkan pada setelan jas pria berbahan sutra yang juga dikenal terasa nyaman saat dipakai.

Share: