dompet pria

Setiap pria tentu mempunyai setidaknya satu dompet. Meski berukuran kecil, dompet pria harus tetap dirawat sama seperti benda lainnya. Merawat dompet bertujuan agar barang tersebut tidak cepat rusak dan warnanya terjaga.  Namun tahukah Anda bahwa cara merawat dompet pria yang baik dan benar tidak selalu sama? 

Kain atau bahan yang digunakan untuk membuat dompet pria menjadikan teknik merawatnya menjadi berbeda. Pada umumnya, dompet pria akan dibuat menggunakan bahan kulit, kanvas atau denim. Anda tidak bisa menyamakan cara merawat ketiga dompet tersebut. Masing-masing dompet tentu membutuhkan alat pembersih yang berbeda.

Setelah paham perbedaan-perbedaan pada dompet kulit, kanvas dan denim, Anda pun harus tahu bagaimana cara merawat dompet pria dengan benar dan tepat. Simak ulasannya dibawah ini.

1.      Persiapkan bahan dan alat pembersih

Sebelum memulai proses perawatan dompet berbahan kulit atau kanvas, pastikan Anda sudah mempunyai alat dan bahan pembersih yang akan digunakan. Tidak banyak yang harus disiapkan. Anda cukup sediakan kain microfiber atau bertekstur lembut dan pembersih khusus bahan kulit.

Biasanya pembersih khusus bahan kulit berwujud krim, lotion hingga cairan semprot. Ketiganya bisa Anda gunakan namun jangan lupa untuk membaca setiap keterangan yang tertera pada kemasan pembersih. Jangan lupa juga untuk menyiapkan cotton bud. Benda kecil ini akan sangat membantu Anda membersihkan bagian terkecil pada dompet yang sulit dijangkau oleh jari. 

2.      Kosongkan isi dompet

Ada baiknya Anda mengeluarkan terlebih dahulu semua isi dompet, baik uang, kartu ATM dan lainnya di tempat yang aman. Hal ini akan sangat membantu Anda membersihkan seluruh bagian dompet hingga di bagian terdalam maupun kantong terkecil hingga benar-benar bersih. 

3.      Semprot atau oleskan bahan pembersih

Mulailah membersihkan dompet berbahan kulit dengan mengoleskan atau menyemprotkan pembersih khusus. Jika pembersih yang Anda gunakan berbentuk lotion, maka cukup oleskan sedikit saja lalu lap secara halus menggunakan kain yang sudah disiapkan.

Jangan lupa untuk membersihkan setiap bagian dalam dompet dengan benar menggunakan kain yang sama atau cotton bud. Anda pun bisa mengoleskan atau menyemprotkan kembali bahan pembersih lalu gosok dompet dengan pelan untuk membersihkan noda membandel. 

4.      Keringkan dompet ditempat teduh

Setelah dompet Anda kembali terlihat bersih, sebaiknya jangan langsung digunakan. Keringkan dompet terlebih dahulu dengan menjemurnya di tempat yang benar-benar teduh, terhindar dari sinar matahari langsung. Diamkan beberapa saat dan kemudian masukkan kembali uang, kartu ATM dan benda lainnya ke dalam dompet. 

5.      Simpan ditempat yang bersih

Jika Anda tidak ingin menggunakan dompet kulit yang baru dibersihkan dalam beberapa hari ke depan, maka setelah dijemur di tempat teduh Anda dapat menyimpannya. Menyimpan dompet kulit juga tidak boleh di sembarang tempat. Sebelum menyimpannya, Anda harus membungkus dompet menggunakan dust bag, kantong pembungkus yang mempunyai rongga atau pori-pori untuk udara. 

Setelah memasukkan dompet kulit ke dalam dust bag, periksa terlebih dahulu kondisi lemari penyimpanan. Pastikan udara di dalam lemari penyimpanan yang Anda gunakan tidak dipenuhi debu serta tak terasa lembab.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.