Jaket ataupun celana berbahan leather adalah salah satu outfit yang terbilang timeless karena tidak akan pernah terlihat ketinggalan zaman. Selain itu Anda juga mudah memadukan dengan outfit lainnya.

Cara mudah untuk terlihat keren pada outfit sederhana seperti padu padan jeans dengan t-shirt adalah menambahkan jaket kulit. Dengan begitu gaya Anda akan terlihat semakin maskulin.

Meskipun membuat tampilan Anda semakin maksimal, namun cara perawatan outfit dengan bahan leather tidak bisa sembarangan. Jika Anda ingin pakaian tersebut lebih awet, Anda wajib tahu tips-tips berikut.

1.      Perhatikan care label

Ketika Anda memiliki jaket pria dengan bahan apapun hal yang paling penting adalah memperhatikan care label. Anda juga harus mengikuti petunjuk yang ada pada care label tersebut.

Untuk outfit berbahan leather, maka Anda harus menghindari mencucinya menggunakan deterjen karena hanya akan membuatnya cepat mengelupas.

2.      Gantung dengan hanger yang tepat

Anda juga harus memastikan menyimpan outfit berbahan leather dengan benar. Seperti yang Anda tahu, material berbahan kulit sifatnya sangat fleksibel sehingga selalu menyesuaikan bentuk. Jadi Anda harus menghindari melipatnya karena hanya meninggalkan bekas.

Menggantungnya memang lebih baik tapi Anda juga harus memilih ukuran hanger yang tepat. Karena jika tidak jaket kulit Anda akan memiliki tonjolan yang aneh di bagian lengan. 

3.      Hindari menjemur dibawah sinar matahari langsung

Setelah digunakan lebih baik jaket yang berbahan kulit atau leather, diangin-anginkan terlebih dahulu di suhu ruang. Anda juga harus menghindarinya menjemur di bawah terik matahari secara langsung. Menggantungnya di ruangan terbuka, sudah cukup.

4.      Hindari ruangan lembab

Jika terpaksa menyimpannya di dalam lemari maka sebaiknya Anda menyimpan outfit tersebut di dalam kantong pakaian yang yang memang khusus untuk material kulit. Anda juga harus tahu bahwa tingkat kelembapan yang tinggi bisa merusak material kulit.

Anda bisa menyimpannya di tempat yang tidak lembab dan tidak juga terlalu tertutup. Anda bisa menyiapkan gantungan khusus di ruangan terbuka yang juga terhindar dari sinar matahari langsung.

5.      Lapisi kertas coklat saat menyetrika jaket kulit

Jika ternyata pada outfit berbahan kulit yang Anda miliki terdapat kerutan ringan maka Anda bisa mencoba menyetrikanya dengan lapisan kertas coklat. Caranya adalah mensetting setrika Anda untuk bahan rayon selama beberapa saat.

Kemudian lapisi outfit berbahan kulit tersebut dengan kertas coklat, baru Anda bisa menyetrika tepat di atas kertas coklat tersebut. Sehingga setrika tidak bersentuhan secara langsung pada outfit dengan bahan kulit tersebut.

 

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.