sepatu pria

Sepatu pantofel termasuk jenis alas kaki yang wajib dimiliki setiap pria, karena sepatu pria ini sangat cocok dipakai untuk acara formal yang menuntut kerapian penampilan. Namun perawatan sepatu pantofel bisa dibilang cukup berbeda dari jenis sepatu lainnya.

Sepatu yang biasanya berbahan kulit ini harus dirawat dengan cara yang tepat. Biar awet dan tampak seperti baru, begini cara merawat sepatu pantofel yang bisa Anda coba di rumah.

1.      Bersihkan sepatu sebelum disemir

Jika selama ini Anda suka menyemir sepatu tanpa membersihkannya terlebih dahulu, artinya Anda telah melakukan kesalahan besar. Cara yang benar untuk merawat sepatu berbahan kulit ini adalah dengan membersihkan terlebih dahulu sepatu sebelum disemir.

Membersihkannya bisa dengan kain basah. Karena jika tidak dibersihkan, sisa kotor dan debu yang menempel bisa menyerap ke kulit sepatu hingga menyebabkan sepatu rapuh dan mudah rusak. 

2.      Simpan sepatu di rak sepatu terbuka

Bahan kulit pada sepatu akan mudah lapuk jika Anda menyimpannya di dalam kardus dalam waktu yang lama. Sepatu jenis ini butuh udara segar dalam ruang terbuka agar kulitnya bisa tahan lama. Namun, hindari paparan sinar matahari langsung, sebab itu dapat merusak lapisan luar sepatu. 

3.      Rutin memberikan kondisioner khusus sepatu

Tidak hanya rambut, tapi sepatu juga wajib diberi kondisioner. Kondisioner sepatu diformulasi secara khusus agar kulit sepatu tidak kering dan bisa tetap terjaga kilaunya. Kalau sulit menemukan produk ini, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara mencampurkan cuka dapur dengan minyak kelapa. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan lap kering. 

4.      Bersihkan bekas noda dengan soda kue

Sepatu kulit berwarna terang seperti putih atau coklat muda rentan terkena noda yang bisa mengurangi keindahannya. Kalau Anda pernah mengalami hal serupa, ternyata ada cara ampuh untuk mengatasinya. 

Caranya dengan menggunakan soda kue atau tepung jagung di bagian yang terkena noda, lalu diamkan selama semalaman. Setelah itu, lap dengan menggunakan tisu atau lap kering.

5.      Rutin mengganti tali sepatu

Jika Anda memiliki sepatu kulit bertali, salah satu cara agar tetap membuat sepatu tersebut terlihat seperti baru adalah dengan rutin mengganti tali sepatunya. Tali sepatu yang sudah kotor atau terlalu rapuh bisa diganti dengan tali sepatu baru, sehingga tampilannya terlihat kembali berkilau.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.