dasi pria

Dasi menjadi salah satu item fashion pria wajib yang harus ada di lemari. Ada beberapa pria yang mungkin diharuskan mengenakan dasi setiap harinya saat bekerja, tapi ada juga beberapa pria yang hanya mengenakan dasi saat momen spesial saja.

Agar penggunaannya dapat bertahan lama Anda harus bisa merawat item fashion pria tersebut dengan benar, sehingga dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti agar koleksi dasi pria Anda bertahan lama. Apa saja langkahnya? Simak 5 tips dibawah ini.

1.      Jangan terlalu kuat menariknya

Tips merawat dasi yang pertama harus diperhatikan oleh pria saat melakukan pemasangan dasi. Banyak pria yang terburu-buru memasangnya dan akhirnya menarik dasi dengan terlalu kuat.

Menarik dasi terlalu kuat bisa merusak ikatan dari dasi itu sendiri. Jadi pastikan Anda mengenakannya dengan berhati-hati dan tidak terburu-buru, agar ikatannya tidak cepat rusak.

2.      Melepas dasi dengan cara yang benar

Ketahanan dari dasi tersebut akan ditentukan dari cara Anda melepasnya. Kebanyakan pria, khususnya sepulang kerja atau setelah beraktivitas banyak, terkadang asal melepas dasi karena sudah kelelahan. Padahal cara melepas yang sembarangan, bisa membuat dasi berubah bentuk.

Karena biasanya dasi yang sering dipakai dan diikat akan terlihat sedikit keriput dan tidak rapi. Jadi jangan simpan dasi masih dalam keadaan terikat. Hal ini yang banyak dilakukan oleh pria.

Untuk meminimalisir kejadian ini, Anda bisa melepas terlebih dahulu ikatan sampulnya. Kemudian tarik sesuai arah berlawanan dengan arah simpul. Baru setelah itu simpan dengan rapi.

3.      Menyimpan dasi dengan benar

Penyimpanan dasi juga jadi hal penting agar aksesori yang satu ini bertahan lama. Apalagi jika Anda adalah pria yang cenderung jarang mengenakan dasi. Ada baiknya dasi disimpan dengan cara yang tepat, sehingga ketika ingin dikenakan lagi, dasi masih dalam keadaan baik.

Cara yang paling tepat untuk menyimpan dasi adalah dengan menggantung dasi pada hanger. Pastikan posisi dasi benar-benar menggantung, tidak ada ikatan atau tersangkut sesuatu agar tidak mudah kusut.

4.      Mencucinya sesuai keterangan pada labelnya

Dasi bukan menjadi aksesori yang harus selalu dicuci setelah dipakai. Setelah beberapa kali pemakaian baru Anda bisa mencuci dasi. Untuk proses pencuciannya, hal yang pertama harus Anda perhatikan adalah dengan membaca keterangan cara cuci dasi pada label yang menempel.

Hal ini dikarenakan berbeda bahan, beda juga cara mencucinya. Jangan sampai Anda salah mencuci dasi hanya karena kamu tidak membaca label tersebut.

5.      Bersihkan secara berkala

Kunci ketahanan dari dasi adalah mencucinya secara berkala. Jika Anda adalah pria yang sering mengenakan dasi, Anda bisa mencuci dasi setelah sekitar dua atau tiga kali pemakaian. Atau jika dasi sudah benar-benar kotor karena terkena noda dan sebagainya.

Jika Anda jarang mengenakan dasi, jangan simpan dasi terlalu lama di lemari. Anda bisa sesekali mengeluarkannya dan mengangin-anginkannya. Selain itu, cuci dasi secara rutin, seperti dua atau tiga bulan sekali, meskipun dasi tidak dipakai.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.