rompi pria

Jika harus menghadiri acara formal, penampilan pria cenderung sama antara satu dengan lainnya. Setelan jas lengkap dengan kemeja dan dress shoes seakan menjadi pilihan paling aman untuk digunakan. Tidak salah memang, tapi sebenarnya masih ada ruang yang masih bisa pria eksplor untuk penampilan tersebut dengan menambahkan rompi.

Outer yang juga dikenal sebagai waistcoat ini dapat membuat postur tubuh pria terlihat lebih maskulin berkat struktur potongannya. Terlebih, rompi pria juga memiliki kelebihan versatile yang membuatnya dapat dipakai tidak hanya untuk pesta formal. Berikut ada beberapa inspirasi padu padan menggunakan rompi yang dapat pria tiru.

1.      Jadikan rompi sebagai three-piece suit

Cara paling mudah untuk padu padan rompi pria pada tampilan formal adalah menggunakannya sebagai setelan three-piece suit. Umumnya jas hanya dilengkapi dengan celana berbahan sama saja. Maka pastikan untuk cari setelan jas yang memiliki ekstra rompi sebagai satuan paketnya. Tampilan ini cocok untuk yang mau tampil stylish dengan cara praktis.

Dengan memakai setelan berbahan sama dari jas, rompi, dan celana dapat membuat penampilan pria terlihat lebih dapper. Agar lebih pasti, tidak ada salahnya untuk membuat setelan jas pada tempat jasa jahit langganan.

2.      Gunakan rompi yang memiliki tekstur

Pria bisa lebih bermain dengan tekstur pada rompi, Anda bisa memilih bahan yang bertekstur seperti wol, tweed, korduroi, linen, dan lain-lain. Permainan tekstur pada tampilan formal dapat membuat setelan jas jadi lebih menarik.

Aturan dasar supaya pria dapat tampil stylish adalah dengan memperhatikan setiap detail pada pakaian dan tekstur termasuk salah satunya. Serta pastikan setelan jas yang digunakan memiliki bahan yang kurang lebih mirip. Maka penampilan akan terlihat lebih selaras satu sama lain.

3.      Pakai rompi dengan contrast tailoring

Selain bermain menggunakan tekstur, pria juga dapat memanfaatkan aspek warna pada rompi. Seperti yang dikatakan sebelumnya, memakai setelan berbahan sama memang lebih disarankan. Namun, jika pria menerapkan contrast tailoring pada penampilan aturan tersebut bisa jadi longgar.

Perbedaan warna pada rompi dan setelan jas sah-sah saja selama pemilihannya dapat saling berkomplemen satu sama lain. Pemilihan warna gradasi adalah cara termudah seperti dengan pakai setelan jas hitam dan rompi abu-abu. Penampilan jadi terlihat playful lewat trik ini.

4.      Padukan rompi dengan jas bermotif

Tidak lengkap jika sampai melewatkan cara padu padan rompi yang memiliki motif. Berhubung sebelumnya sudah dibahas soal model rompi yang bisa lebih menonjol dari setelan jas, kali ini bisa coba padu padan motif untuk keduanya. Memadukan motif pada penampilan sebenarnya cukup tricky.

5.      Memakai rompi tanpa jas

Saat ini cara berpakaian formal pria kian kontemporer. Tentu masih ada pria yang berpikir tampil tradisional, tapi tidak ada salahnya untuk tidak memakai jas saat ke pesta formal. Tampilan ini bisa diterapkan jika harus menghadiri pernikahan di pantai atau acara siang hari. Mengingat tidak memakai jas sebagai luaran, ada baiknya rompi yang digunakan memiliki desain yang berbeda dari biasanya.

Bisa dari detil-detil yang sudah disebutkan sebelumnya atau potongan pada rompi tersebut. Maka rompi dapat jadi statement untuk penampilan dan tidak akan dinilai terlalu polos.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.