zara - baju pria

Zara merupakan salah satu brand fashion terkemuka di dunia. Semua orang pasti tahu merek ini. Brand yang berasal dari Spanyol ini, membuat siapa saja menginginkan produknya.

Tidak hanya baju, Zara juga merambah tas, sepatu dan aksesoris. Brand Zara terkenal dengan produknya yang paling up to date dan produknya berharga mahal. Faktanya Zara memiliki 4 rahasia yang jarang diketahui orang. Berikut ulasannya.

1. Awal Berdiri brand Zara

Tahun 1975, Zara didirikan oleh Amancio Ortega di A Coruna, Spanyol Barat Laut. dengan nama Zobra. Akan tetapi, setelah mengetahui ada sebuah club lokal yang juga bernama Zorba, maka mengubah namanya menjadi Zara.

Amancio Ortega lalu mendirikan perusahaan induk Inditex, yang kini menjadi perusahaan mode terbesar di dunia, yang memiliki lebih dari 170.000 karyawan. Inditex juga menaungi brand besar lainnya meliputi Bershka, Stradivarius, Massimo Dutti, Pull and Bear, hingga Oysho.

2. Koleksi terbaru Zara hanya dipajang 7 hari saja

Zara memiliki konsep mode cepat, sehingga produk fashion yang diproduksi dan dijual sesuai dengan tren yang diminati oleh pasar

Zara tidak akan memajang koleksinya dalam waktu yang lama. Koleksi yang tidak terjual dalam kurun waktu satu minggu, akan segera ditarik dari toko dan segera diganti dengan koleksi terbarunya.

3. Produksi koleksi bebas dari racun

November 2012, Greenpeace menerbitkan laporannya mengenai kampanye detox yaitu Toxic Threads: The Big Fashion Stitch-up, untuk mengidentifikasi perusahaan yang memproduksi produknya dengan menggunakan bahan yang mengandung racun.

Merespon laporan ini pihak Zara menunjukkan respons yang positif dengan berkomitmen untuk memberantas semua bahan beracun di seluruh rantai pasokan maupun produknya. Pihak Zara mengalihkan seluruh proses produksi produknya menjadi bebas dari racun.

4. Menggunakan teknologi RFID

Zara menggunakan teknologi RFID (radio-frequency identification) pada tahun 2014 untuk mempermudah mengetahui stok barang yang terjual. Selain itu teknologi RFID ini mempermudah mengetahui lokasi barang, sehingga jika barang dicuri atau hilang, dapat dengan mudah dideteksi lokasi keberadaannya.

5. Tersebar di 88 negara di dunia

Terdapat sekitar 2.000 toko yang tersebar di 88 negara. Luas gudang Zara pun sangat besar, ada sekitar 1.500 km persegi.

6. Zara memiliki kelompok designer

Zara memiliki sekelompok designer yang bekerja secara tim dan tidak menonjolkan desain pribadi. Semuanya terkoneksi dengan baik untuk kemajuan Zara.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.