sepatu pria

Bagi Anda yang menggemari sepatu suede mungkin Anda sangat sulit untuk membuat sepatu berbahan suede tetap bersih, karena suede adalah sisi bawah dari material kulit. Dibutuhkan teknik perawatan yang tepat agar sepatu berbahan sensitif ini dalam kondisi baik, apalagi dalam jangka waktu lama.

Material sepatu berbahan suede memiliki daya serap tinggi sehingga noda akan sangat mudah menempel, meresap dan mengotori sepatu bahan jenis suede. Sehingga Anda harus mengetahui bagaimana cara membersihkan sepatu beludru ini secara khusus. Dan perlu diingat bahwa sepatu berbahan suede tidak boleh terkena air seperti air hujan, apalagi becek. Sebab air dapat meninggalkan bekas, mengubah tampilan, dan meninggalkan noda pada material sepatu pria suede.

Berikut tips agar sepatu suede Anda selalu terlihat baru.

1. Semprotkan spray pelindung

Gunakan spray pelindung dengan cara menyemprotkan ke sepatu suede. Hal ini bertujuan untuk merawat permukaan bahan suede selama beberapa bulan. Dengan menyemprotkan spray ini juga akan membuat kotoran tidak mudah menempel dan menyerap ke bahan sepatu. Sebelum dan setelah menyemprot, pastikan menyikat sepatu Anda dengan sikat halus.

2. Gunakan sikat berbulu lembut

Jangan menyikat permukaan suede dengan sikat yang berbulu kasar karena akan merusak sepatu suede. Sikat yang lembut seperti nail buffer dapat Anda pakai sebagai pengganti sikat karena memiliki bulu yang lembut untuk membersihkan permukaan bahan suede.

3. Cuka putih untuk membersihkan noda bandel

Cuka putih bisa digunakan untuk membersihkan noda yang berat. Caranya adalah dengan menggunakan handuk bersih yang sudah diberi sedikit cuka putih, lalu usapkan secara perlahan ke permukaan yang terkena noda sampai noda memudar.

4. Gunakan Bedak Tabur atau Corn Meal

Jika sepatu suede Anda terkena cairan, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menepuk-nepuk area tersebut dengan kain bersih atau handuk. Setelah cukup kering, oleskan tipis-tipis bedak tabur atau tepung maizena. Diamkan semalaman, lalu sikat keesokan harinya dengan sikat sepatu suede khusus untuk menghilangkan bubuk yang tertinggal

5. Gunakan sikat gigi

Jika sepatu suede Anda mulai tidak bertekstur lagi gosoklah dengan sikat gigi bersih atau handuk yang bertekstur. Jika kondisi permukaan sepatu Anda sangat memprihatinkan, letakkan sepatu di atas uap selama beberapa detik, kemudian gosok dengan handuk.

6. Jangan bersihkan dengan air

Perlu diingat bahwa sepatu suede tidak diboleh dibersihkan dengan air, hal akan menyebabkan sepatu Anda menjadi rusak karena air bisa merusak warna dan tekstur suede.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.