jas pria

Pria dengan pakaian jas terkesan rapi, elegan, dan penuh wibawa. Apalagi di acara formal atau resmi, menggunakan jas merupakan opsi yang paling sering dipilih pria.

Tapi, masih banyak pria yang bingung bahkan tidak mengetahui aturan menggunakan jas pria yang benar. Berikut 7 aturan menggunakan jas pria agar Anda tidak salah lagi.

1. Gunakan kaos dalam

Jas membuat penampilan seseorang menjadi berkelas. Bahan jas yang tebal terkadang membuat Anda menjadi tidak nyaman saat memakainya dan mudah berkeringat. Kaos dalam bisa digunakan sebagai layer atau dalaman jas. Kaos dalam juga berfungsi menyerap keringat dengan cepat selain itu sehingga jas menjadi awet karena tidak perlu sering-sering dicuci. Sesuaikanlah warna kaos dalam Anda dengan warna jas agar penampilan semakin matching.

2. Panjang dan warna dasi

Penampilan formal Anda kurang lengkap tanpa adanya dasi. Harus diperhatikan untuk tidak memakai dasi yang panjangnya melebihi pinggang. Pemakaian dasi yang tepat adalah sebatas pinggang atau malah sedikit lebih pendek. Sesuaikanlah lebar dasi dengan lebar kerah. Untuk pemilihan warna dasi sebaiknya lebih gelap daripada warna kemeja agar detailnya lebih terlihat.

3. Panjang jas

Panjang jas pria yang paling tepat adalah yang menutupi resleting celana dan bokong. Tidak disarankan untuk memakai jas pria yang terlalu panjang ataupun terlalu pendek. Yang paling direkomendasikan adalah buatlah jas sendiri sehingga ukurannya pas dengan tubuh.

4. Mengancingkan jas

Jas pria dibedakan dari bagian kancingnya. Jas dengan dua kancing dan memiliki model kerah berlekuk dikenakan untuk keperluan formal. Sementara jas dengan satu kancing cocok untuk menghadiri aneka acara yang kasual. Cara memakai jas dengan dua kancing atau lebih di bagian depan, adalah mengancingkan bagian atasnya saja. Namun semisal hanya ada satu kancing, maka sebaiknya kamu mengancingkan jasnya.

5. Aksesori yang tepat

Aksesori berfungsi untuk menyempurnakan penampilan Anda. Pilihlah aksesori yang tepat agar penampilan Anda tidak terkesan kaku. Beberapa aksesori untuk jas adalah cufflinks, penjepit dasi, dan juga pocket square. Selain itu juga ada aksesori lain yang bisa mendukung tampilan keren Anda dengan jas, yaitu mengenakan jam tangan dan ikat pinggang.

6. Sepatu yang sesuai

Saat memakai jas, jelas harus memakai sepatu yang sesuai. Tampilan formal dengan jas akan terdukung dengan baik jika sepatu yang Anda pakai tepat. Anda bisa memakai sepatu dengan warna yang sama dengan setelan jas tersebut.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.