polo shirt

Sering merasa aneh karena polo shirt yang Anda gunakan warnanya cepat pudar dan bahannya jadi melar? Mungkin ini akibat cara mencuci dan menyimpan yang salah. Tentunya, perlu diperhatikan cara merawat kaos kesayangan Anda agar tetap awet.

Lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan pada kaos pria tersebut agar tetap awet dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya?. Untuk menjaganya tetap awet, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut.

1.      Jangan rendam terlalu lama

Usahakan untuk polo shirt yang baru pertama kali dicuci tidak direndam lebih dari 30 menit, dan untuk kaos yang lama tidak lebih dari 1 jam. Jangan pula rendam dalam air dengan deterjen berlebihan. Karena deterjen berlebih dapat mengakibatkan kaos Anda cepat rusak.

2.       pisahkan saat pencucian

Pisahkan kaos dengan pakaian lain, khususnya yang berwarna kuat seperti hitam, merah, biru, dll. Hal ini guna mencegah seandainya warna kuat tersebut luntur tidak mengakibatkan pakaian lain terkena dampaknya. Pisahkan juga antara pakaian yang kotor dengan yang kurang kotor agar kotoran tidak berpindah.

3.      Jangan disikat

Polo shirt biasanya berbahan cotton pique atau lacoste yang memiliki tekstur kain yang lembut. Hindari menyikat kaos, karena dapat merusak tekstur kain. Hindari juga kucekan dan perasan yang kuat karena bisa merusak pori-pori baju.

4.      Hindari penggunaan mesin cuci

Sebaiknya cuci kaos Anda secara manual dengan tangan. Mencuci dengan mesin cuci dapat mengakibatkan kaos menjadi melar, dan pori-pori kain menjadi kasar. Hal ini terjadi karena saat berputar pakaian akan menerima beban tarik-ulur dan gesekan dengan kain lain disekitarnya.

5.      Jemur terbalik

Tahukah Anda bahwa sinar matahari berlebih dapat mengakibatkan warna kaos jadi memudar? Untuk mencegahnya jemur dengan posisi terbalik. Bagian dalam menghadap luar, dan bagian yang bersablon di dalam.

6.      Jangan digantung

Hindari menggantung dengan hanger pada bagian kerah.  Hal ini dapat mengakibatkan kerah leher lekas melar. Melarnya ini akibat tidak kuat menahan beban air yang ada pada kaos basah ketika di cuci.

Hindari juga menggantung pada tali atau kawat jemuran, karena kontur tali dapat dengan mudah merusak tekstur kain yang halus.

7.      Hindari detergen yang mengandung pemutih

Hindari mencuci dengan pemutih atau detergen yang mengandung pemutih. Hal ini karena reaksi kimia pemutih dapat mengakibatkan kaos kesayang Anda ini jadi lebih cepat tipis dan kasar.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.