fakta adidas

Adidas bukanlah merek olahraga tertua di dunia, tetapi pengaruhnya sangat besar. Adidas juga merupakan salah satu brand yang banyak dicari dan digunakan masyarakat di seluruh dunia karena popularitasnya tidak diragukan lagi.

Desain Adidas pun sangat bagus, stylish, memiliki material yang bagus. Mulai dari dari sepatu olahraga, jersey, tas, dan masih banyak lagi.

Berikut 7 fakta unik mengenai Adidas yang kini menjadi merek dunia.

1.Didirikan oleh Dassler Bersaudara

Adidas didirikan oleh Dassler Bersaudara asal Jerman pada tahun 1924. Setelah bekerjasama bertahun-tahun, Adi Dassler dan kakaknya Rudolf berselisih dan membagi perusahaan serta asetnya dan pada akhir 1940-an. Akhirnya mereka membentuk dua perusahaan yang terpisah yakni Adidas dan Puma.

2. Asal usul nama Adidas

Adidas tidak dikenal sebagai Adidas sampai akhir 1940-an. Nama Adidas baru muncul setelah Dassler dan saudaranya mengalami perselisihan. Awalnya pada tahun 1924 brand ini bernama Gebruder Dassler Schuhfabrik, akan tetapi diganti nama menjadi Adidas yang merupakan singkatan dari Adi Dassler, dan membuat trade mark pada tahun 1949.

3. Logo 3 garis strip

Bagi Anda pencinta merk Adidas pasti sudah tidak asing dengan logo 3 garis strip pada sepatu ini. Fungsi tiga garis di sepatu adalah untuk memberikan stabilitas, bukan untuk desain.

4. Makna logo trefoil

Logo Trefoil yang biasa Anda di baju Adidas ternyata tidak hanya tampilan saja, ada makna dibalik logo trefoil. Trefoil adalah tanaman seperti semanggi dengan daun tiga lobus, yang sesuai dengan motif tiga garis. Logo tersebut pertama kali diperkenalkan di Olimpiade Munich tahun 1972.

5. Bekerjasama dengan banyak atlet

Selama bertahun-tahun, banyak atlet di berbagai cabang olahraga bekerjasama dengan Adidas. Salah satunya Adam Jordan, menurut The Wall Street Journal, Jordan ingin menandatangani kontrak dengan Adidas ketika ia direkrut pada tahun 1984. Adidas dilaporkan ingin mewujudkannya, tetapi eksekutif ingin pemain yang lebih tinggi untuk mewakili mereka di dunia Basket. Kehilangan Jordan adalah salah satu kesalahan terbesar dalam sejarah Adidas.

6. Menulis sejarah olahraga

Jesse Owens mengenakan sepatu Adidas saat ia memenangkan medali emas di Olimpiade Musim Panas 1936 di Munich. Meskipun sempat diremehkan karena berkulit hitam saat regim Hitler. Owens membuktikan kemampuannya dengan memenangkan 4 medali emas menggunakan sepatu asal Jerman ini. Dan perlu diketahui bahwa pada Olimpiade tahun 1972, 78% atlet yang bersaing mengenakan adidas, dan 1984 bahkan 89% atlet mengenakan brand ini.

7. Memiliki arsip klasik paling banyak

Beberapa dekade sebelum Nike meluncurkan sepatu lari pertama mereka, adidas sudah berinovasi dan menulis sejarah olahraga . Merek ini telah menciptakan karya klasik di berbagai bidang seperti Gazelle , Superstar , Samba, dan bahkan lebih lama sebelum Nike resmi didirikan. Adidas juga meluncurkan arsip untuk memberikan penggemar pengalaman yang lebih dekat dengan sejarah Adidas. Situs ini memberikan informasi foto-foto model sepatu lama, katalog vintage dan informasi mengenai orang-orang serta produk Adidas.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.