Ingin membangun wardrobe yang solid? Miliki 7 item wajib ini!

Berbeda dengan wanita yang terkenal lebih banyak pernak-pernik untuk kebutuhan wardrobe mereka, pria malah hanya butuh sedikit item untuk wardrobe-nya tapi tetap masih bisa tampil stylish. Apalagi di zaman sekarang ini, pria-pria mulai sibuk dengan berbagai kegiatan dan praktis menjadi kunci utama untuk kamu. Kepraktisan ini bisa kamu dapatkan kalau kamu punya 7 item esensial ini di wardrobe-mu. Jadi, kamu nggak lagi bingung mau pakai baju apa untuk keseharian deh.

Yuk langsung aja cek artikel berikut ini!

1.Jaket/Blazer

Blazer & Suit Blazer

Untuk mempermudah mix and match, jaket atau blazer ini memang menjadi item nomor satu yang wajib kamu punya. Meski kita hidup di negara tropis yang kelihatannya nggak cocok jika memakai item satu ini, tapi kamu bisa mencari jaket atau blazer dengan bahan yang nggak terlalu tebal.

Nah, untuk warna sebenarnya bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Tapi, saya sih merekomendasikan kamu untuk menyiapkan dua hingga tiga warna dasar yaitu biru tua, hitam atau cokelat. Kalau kamu tanya kenapa? Jawabannya mudah. Warna-warna tersebut akan mudah dipadu padankan ke berbagai model dan warna pakaian lain.

2.Kemeja

Essential White Shirt

Kalau ini kayaknya sudah pasti hampir semua pria yang bekerja akan punya di lemarinya. Tentu aja, item satu ini merupakan clothing piece yang timeless dan super fleksibel untuk dipakai di berbagai acara. Lucunya, masih banyak orang di masa kini yang berpikir bahwa kemeja hanya cocok untuk dipakai di acara yang lebih formal. Tapi sebenarnya, kalau kamu mau gaya yang lebih kasual pun, kemeja tetap dapat menjadi pilihan pertamamu.

Terlebih sekarang ini banyak sekali kemeja yang memiliki motif-motif menarik dan nggak hanya warna polos aja. Tapi, saya sih menyarankan kamu juga untuk memiliki kemeja dengan motif dan lima warna berbeda, dan terutama warna putih. Kenapa? Kemeja putih dijamin bisa meningkatkan kegantengan seorang pria, tidak peduli wujudnya bagaimana. Dengan catatan kemejanya harus crisp dan fitted.

3.T-shirt

Basic White T-shirt

Saya tahu semua orang pasti punya fashion item ini, bahkan nggak hanya pria yang suka memakai t-shirt, clothing item ini juga wajib dimiliki untuk para wanita juga! Ya, karena kenyamanan dan simplicity dari t-shirt, barang ini menjadi must-have-item untuk wardrobe kamu. Terlebih ketika kamu lebih suka bergaya simple atau ala-ala minimalistic. Tapi kalau mau tetap stylish, t-shirt bisa dipadu padankan dengan jaket atau blazer tadi guys.

Pilihan warna yang harus kamu punya tentu aja putih, karena t-shirt putih biasanya bisa kamu pakai sebagai dalaman juga. Terus warna-warna lain adalah hitam, merah maroon, atau biru navy. Selain t-shirt polos kamu juga boleh banget siapkan t-shirt bermotif supaya nggak bosan dengan yang polos doang.

4.Celana Jeans/Chino

Dark Denim Chino

Dua jenis celana ini wajib kamu punya untuk kebutuhan wardrobe-mu. Sebagai pria yang punya banyak kesibukan dan kegiatan, tentu saja kamu seringkali menghadiri acara formal dan santai. Untuk itu jeans dan chino bisa jadi pilihan untuk dua acara tersebut. Jeans bisa kamu pakai ketika ingin santai dan hangout bersama teman-teman dan chino tentu saja untuk acara formal dan juga saat kamu bekerja.

Untuk warna saya sarankan yang berwarna gelap untuk jeans, sedangkan celana chino boleh sediakan yang warna nude atau light brown. Tapi ya tentunya silahkan disesuaikan dengan kebutuhan dan kesukaanmu ya.

5.Celana Pendek

Cotton Shorts

Nah, sekarang lah waktunya untuk menyiapkan item untuk saat santai-santai di wardrobe-mu. Ya, celana pendek juga menjadi barang yang harus kamu punya di lemari guys. Kamu juga pastinya sudah memiliki paling nggak lima celana pendek saat ini. Selain item ini bisa kamu pakai saat main ke luar dengan teman, tapi ya celana ini pastinya juga nyaman ketika dipakai di rumah saja.

Tapi, meski imej kasual sudah melekat dengan celana pendek, ternyata kamu juga bisa mix and match dengan jas atau blazer untuk menampilkan imej sedikit formal. Intinya, sekarang ini mix and match memang menjadi kunci utama untuk kepraktisan wardrobe deh.

6.Dua Pasang Sepatu

Essential Shoes for Men

Siapa sih yang nggak merasa sepatu adalah item esensial untuk wardrobe-mu? Pastinya, semua orang merasa item ini penting dong. Walau kamu mungkin adalah kaum pria yang tidak terlalu memusingkan style, sepatu tetap merupakan barang wajib yang harus ada. Saran saya sih, kamu harus punya setidaknya dua pasang sepatu dengan gaya atau jenis dan warna berbeda.

Misal saja kamu punya dress shoes hitam dengan sneakers putih. Kedua jenis sepatu ini bisa kamu pakai di acara formal dan kasual, so punya dua jenis sepatu ini di wardrobe kamu rasanya udah cukup guys. Kecuali kamu suka mengoleksi sepatu dan gampang bosan. Oh ya, pastinya kalau kamu suka berolahraga, sediakan satu pasang sepatu olahraga juga ya guys!

Kalau kamu ingin mendapatkan referensi soal jenis sepatu aja yang wajib kamu miliki, kamu bisa lihat di sini!

7.Dasi

Essential Ties

Mungkin untuk sebagian pria, dasi bukanlah barang esensial yang harus dipunya. Tapi dasi ini bisa menyelamatkan kamu ketika harus menghadiri acara sangat formal lho. Nggak ada salahnya menyiapkan dasi dengan dua warna berbeda di lemarimu. Meski nggak sering kamu pakai tapi siapa tahu suatu saat kamu harus hadir acara formal dengan dress code yang sudah ditentukan.

Warna yang saya sarankan adalah warna gelap dan sedikit terang. Nah, selain dasi, kamu juga bisa menambahkan beberapa aksesoris outfit ke dalam wardrobe-mu! Sebut saja topi, jam tangan, ikat pinggang, dan masih banyak lagi. Tapi ya, tentunya semuanya itu opsional dan tinggal kamu sesuaikan saja dengan style-mu!

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.