celana gunung

Selain jaket, kaos, dan base layer celana gunung menjadi salah satu jenis pakaian wajib yang harus anda kenakan saat mendaki gunung. Dengan memakai celana gunung tepat maka akan membantu Anda saat melakukan aktivitas pendakian.

Berikut jenis celana gunung yang bisa digunakan saat mendaki gunung:

1. Celana gunung

Celana gunung terdiri dari 2 jenis yaitu celana gunung panjang dan pendek. Pilihlah bahan celana yang tipis, mudah kering, dan breathable yang dapat mempermudah langkah Anda. Celana panjang dapat melindungi kaki Anda dari daun-daun berduri, semak belukar yang runcing, gigitan lintah, dan udara dingin. Bahan celana ini harus sangat diperhatikan karena juga akan mempermudah langkah Anda saat mendaki gunung.

2. Celana kargo

Celana kargo bisa digunakan untuk alternatif saat hiking karena celana ini bisa dgunakan sebagai celana panjang dan celana pendek. Saat ingin lebih santai dan leluasa bergerak, Anda bisa mengenakannya sebagai celana pendek, dan dapat digunakan sebagai celana panjang untuk melindungi Anda dari dinginnya udara malam atau rute pendakian yang agak ektrim.

3. Tight pants

Tight pants atau celana ketat berfungsi sebagai underwear atau base layer. Celana base layer ini berfungsi untuk mengatur kelembaban. Jangan lupa kenakan celana outer saat mendaki gunung. Celana ini juga bisa digunakan untuk bersepeda atau lari.

4. Insulation Pants

Celana outdoor gunung ini memiliki tiga lapisan. Lapisan pertama yaitu base layer, lapisan kedua adalah insulation pants. Celana ini biasanya dikenakan setelah base layer yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Jadi, insulation pants bisa kenakan saat mendaki di gunung yang mempunyai tingkat kedinginan di atas rata-rata.

5. Outer Shell Pants

Outer Shell Pants digunakan sebagai pelindung utama dan dipakai pada lapisan ketiga. Outer shell pants terbuat dari bahan yang tahan air dan breathable. Ketika berada dalam pendakian bersuhu ekstrim, Anda harus mengenakan ketiga lapisan celana ini mulai dari base layer, insulation pants, hingga outer shell pants.

6. Mountaineering expedition pants

Mountaineering expedition pants dibutuhkan saat mendaki gunung ekstrim. Celana ini sangat cocok dikenakan saat mendaki gunung-gunung bercuaca ekstrim seperti Everest. Selain itu, celana ini juga bisa berfungsi sebagai sleeping bag.

7. Celana waterproof

Celana waterproof atau celana anti air menjadi salah satu jenis celana yang sangat dibutuhkan saat pendakian gunung, karena cuaca di gunung cepat berubah dan sulit diprediksi.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.