Awalnya, topi bersifat fungsional dan hanya dipakai untuk melindungi kepala dari panasnya sinar matahari. Kini, topi berubah menjadi salah satu fashion item atau aksesori wajib bagi pria. Topi sudah menjadi bagian dalam satu tampilan gaya atau bahkan sebuah fashion statement.

Ada beberapa jenis topi juga yang bisa memperkuat citra diri seorang pria. Sebaiknya, pria perlu mengetahui jenis topi agar bisa menyesuaikan dengan gaya berpakaian Anda. Berikut lima jenis topi pria yang perlu Anda ketahui.

1.      Flat cap

Topi pria jenis flat cap sudah terkenal sejak abad ke-14 dan sangat terkenal di Skotlandia. Flat cap merupakan topi yang biasa dipakai pekerja kasar hingga preman jalanan. Ciri khas yang paling melekat dari topi ini terletak pada brim kecil dan kaku di bagian depan.

Biasanya flat cap juga dilengkapi dengan kancing yang menyatukan brim dan crown. Di zaman modern ini, flat cap dikenal sebagai topi seniman karena sering dipakai oleh banyak musisi, pelukis, atau bahkan penulis. Penampilan Anda terlihat klasik dan lebih retro.

2.      Fedora

Topi fedora memang tidak setua flat cap, tetapi topi dengan lekukan melingkar panjang di bagian crown dan brim ini sudah jaya sejak tahun 1880. Beberapa jenis fedora juga dilengkapi dengan pita dengan warna senada. Kini, topi fedora sudah ada dalam berbagai model dan lebih sering dipakai untuk gaya formal maupun semi-formal. Tetapi, Anda tetap bisa memakainya saat berlibur ke pantai.

3.      Trucker hat

Jika menilik sejarah sebuah topi trucker, ada yang unik nih dari ceritanya. Awalnya, topi ini merupakan hadiah sebuah perusahaan pakan dan peralatan pertanian sehingga disebut “feed cap”. Setelah itu, pada tahun 70-an para supir truk di Amerika mulai gemar memakai topi ini dan namanya berubah menjadi trucker hat. Ciri khas dari topi ini terletak pada bagian panel belakang yang terbuat dari kain jaring.

4.      Snapback

Jenis topi yang terakhir ini sangat hype di kalangan anak muda. Crown snapback terdiri dari 6 panel dengan lidah topi yang datar dan sangat kaku. Pada bagian belakang topi terdapat gesper berlubang yang mengencangkan topi. Snapback sering banget dipakai dengan cara yang tidak biasa. Visor terletak di belakang kepala untuk memberikan kesan trendy dan kasual dalam berpakaian.

5.      Baseball cap

Sesuai dengan namanya, baseball cap merupakan topi yang awalnya dipakai oleh para pemain baseball. Namun, lambat laun topi ini mulai dipakai oleh pria di berbagai acara. Tidak hanya saat pekan olahraga saja, topi ini sekarang sudah dipakai dalam keseharian pria.

Yang membedakan topi ini dengan snapback adalah bagian lidah topi atau bagian visor. Jika visor snapback kaku dan datar, visor baseball cap berbentuk melengkung. Topi ini sangat cocok untuk acara kasual dan Anda bisa memadukannya dengan kaus polos serta jeans. 

6.      Bucker hat

Awalnya, topi bucket biasa digunakan oleh pemancing. Bentuk bucket hat menyerupai ember dan sekarang pemakaian topi ini sudah meluas. Mulai dari rapper hingga para pecinta streetwear rasanya tidak lepas dari bucket hat. Sekilas, topi ini mirip dengan jenis topi rimba. Perbedaannya hanya terletak pada tali di bagian dagu. Saat ini, bucket hat muncul dalam warna dan motif yang beragam.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.