Terasa seperti pakai pakaian baru setiap hari!

Kamu termasuk orang yang suka mengoleksi pakaian-pakaian demi mengikuti perkembangan dunia mode? Nah, kalau jawabannya iya, pasti banyak pakaian lama yang jarang dipakai dan tersimpan di lemari.

Makanya, daripada kamu memutuskan untuk membuang atau menyumbangkannya lebih baik gunakan cara kreatif untuk membuat pakaian lama terlihat seperti baru lagi. Selain itu ide-ide kreatif ini bisa menjadikan pakaian lebih stylish setelah dipakai. Apa aja sih cara-caranya?

Cek yuk artikel berikut ini.

Length altering

Ankle Pants

Celana jeans yang dulunya panjang semata kaki sekarang ini sudah mulai ditinggalkan karena gaya celana nanggung mulai in. Kamu bisa ubah celana panjang yang biasa saja menjadi celana dengan fit unik, atau bisa juga menjadi celana pendek.

Kalian hanya membutuhkan celana lama dan gunting serta alat jahit jika ingin sedikit lebih rapi kalau tidak ingin repot kamu bisa membawanya ke tukang jahit. Tapi kamu bisa juga menggunakan teknik distressing untuk mendapatkan penampilan vintage.

Ubah kaos menjadi tank top

T-shirt Altering

Nggak hanya perempuan yang suka memakai tank top untuk santai ke pantai. Pria pun banyak juga yang lebih sering memakai tank top karena selain lebih leluasa saat dipakai, kamu juga bisa merasakan sepoi-sepoi angin laut.

Caranya mengubah kaos biasa menjadi tank top adalah potong kedua sisi lengan dan bagian garis leher kaos yang berukuran cukup longgar. Potong sesuai dengan tingkat kerendahan dan tebal tali bahu yang kamu inginkan. Sama seperti celana jika kamu ingin tampilan rapi jahitlah bagian pinggir kaos yang terpotong.

Gunakan teknik dip dye untuk kaos polos

Dip Dyed T-shirts

Biasanya pria paling banyak menyimpan kaos-kaos polos dalam berbagai warna. Nah, walau penampilan kasual kaos polos emang paling cocok dan nyaman digunakan tapi tidak bisa dihindari bahwa lama-lama kita akan bosan dengan gaya yang too basic.

Maka karena itu kalian bisa mencoba teknik dip dye untuk memberikan sedikit aksen. Kamu hanya perlu menyiapkan kaos polos pilihan, pewarna tekstil, sarung tangan karet atau plastik, air hangat, garam, dan ember kecil. Selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang banyak beredar di YouTube.

Distressing

DIY Ripped Jeans

Jika kamu bosan dengan jeans yang begitu-begitu aja alias polos, kamu bisa melakukan beberapa teknik distressing untuk membuat jeans unik khas dirimu sendiril.  Misalnya dengan membuat sobekan pada bagian paha atau dengkul, atau mungkin dengan model fringe pada bagian bawah celana.

Nah, untuk melakukannya bisa sendiri dengan menggunakan parutan keju atau gunting. Namun kalau kamu nggak punya banyak waktu kamu bisa membawa ke tukang permak. Selain permak menjadi sobek-sobek kamu bisa juga nambahin aksen lace agar nggak terlalu membosankan.

Remodeling

Denim Jacket with Patches

Satu lagi yang bisa kamu lakukan untuk membuat baju lama terlihat seperti baru adalah remodeling sederhana hanya dengan menggunakan patch atau aksesoris embroider.

Patch yang digunakan ada yang simpel hanya dilem atau ada juga yang memerlukan bantuan penjahit untuk dibordir. Patch ini paling cocok dipakai pria untuk jaket jeans polos, tapi kalau kamu mau menggunakan patch pada celana juga nggak masalah kok.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.