Dijamin simple dan mudah untuk diikuti!

Celana merupakan fashion item paling esensial bagi pria. Lantas, nggak jarang kamu akan menemukan celana yang kamu sukai tapi yang tidak fit dengan ukuran tubuh. Biasanya persoalan yang sering kamu temui adalah celana yang kepanjangan.

Nah, kalau udah terlanjur beli celana yang kepanjangan kamu nggak perlu cemas apalagi sampai nggak jadi memakai celananya guys. Celana kepanjangan sebenarnya bukanlah masalah yang repot untuk di-tackle, makanya lihat tiga cara berikut yuk.

Cuffing

Cuffed Pants

Cara pertama kalau kamu punya celana kepanjangan adalah gunakan teknik cuffing alias menggulung. Teknik satu ini paling simpel dan mudah terlebih kalau kamu nggak mau pergi ke tailor untuk meng-adjust panjang celanamu. Gaya menggulung celana juga sebenarnya sedang menjadi tren dalam dunia fashion.

Jadi kamu nggak perlu khawatir akan terlihat aneh, tapi kamu harus tahu teknik-teknik yang benar dalam menggulung celana agar nggak terlihat seperti kebanjiran. Teknik cuffing sendiri memiliki beberapa jenis ada single cuff atau disebut juga wide cuff, double cuff, dan multiple cuff yang lebih dari tiga lipatan. Saya sendiri sih suka dengan celana skinny fit, jadi cuff andalan saya adalah pinroll.

Mengelim

Example of a Cutting Line to Shorten Your Pants

Kalau yang satu ini kamu mungkin membutuhkan sedikit effort lebih guys. Tapi nggak terlalu ribet dan sulit juga kok untuk mengelim celana yang kepanjangan. Kamu bisa mengelim sendiri di rumah dengan mengikuti cara-cara yang beredar di internet. Ada tiga cara jika kamu ingin mengelim celana di rumah yaitu mengukur (lalu dijahit dengan cara lebih simpel), menjahit, dan menggunakan selotip kain.

Tapi kalau nggak punya waktu dan nggak mau ribet kamu bisa membawa celanamu ke tukang permak. Oh ya, sekarang sudah ada begitu banyak toko fast fashion seperti Uniqlo yang menawarkan jasa fitting instan, jadi kamu bisa langsung bisa melakukan adjustment untuk celana yang baru kamu beli! (Dengan catatan kamu mesti merogoh kocek sedikit ya.)

DIY (Do It Yourself)

DIY Cutting

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah berkreasi dengan celana yang kepanjangan tersebut. Ada beberapa DIY yang bisa kamu ikuti salah satunya seperti yang terdapat dalam sebuah video di YouTube yaitu dengan menggunakan karet rambut yang diikatkan pada pergelangan kaki lalu lipat bagian celana ke dalam/bawah karet rambut tersebut.

Dan tadaaa….seketika celana kamu bisa menjadi lebih pendek dari sebelumnya sesuai dengan keiinginanmu. Kamu juga bisa melakukan DIY memotong celana tersebut tapi tidak perlu terlalu rapi sehingga memberikan efek distressed.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.