Awas kalau ngelakuin hal ini pas milih outfit!

Kadang bukan hanya perempuan yang memerlukan waktu untuk memilih-milih pakaian lho! Pria pun seringkali butuh waktu untuk mencocokkan pakaian di lemari agar sesuai dengan suasana hari itu. Meski kamu nggak terlalu mengikuti perkembangan fashion tapi ya pasti kalau ada kencan dengan si “dia” atau saat ingin melamar kerja kamu biasanya akan lebih lama memilih outfit apa yang akan dikenakan hari itu.

Tenang aja, ini bukan sesuatu yang buruk kok, hal ini malah notabene baik dilakukan agar kamu juga bisa menghindari lima kesalahan yang sering terjadi saat memilih outfit. Apa aja lima kesalahan itu? Langsung cek artikel berikut ini!

1.Ukuran Nggak Sesuai

Correct Fit Guide

Entah kekecilan atau kebesaran, yang pasti tidak sedikit orang pernah melakukan kesalahan yang satu ini. Pakailah outfit yang memang sesuai ukuranmu! Jangan mentang-mentang itu baju keberuntungan atau favorit, kamu jadi tutup mata kalau sehelai kain buluk itu udah kekecilan. Dulu mungkin ada masa saat baju kecil menjadi tren “jangkis” tapi sekarang rasanya hal itu udah nggak pantes lagi deh.

Memakai baju yang kebesaran juga sama jeleknya dengan baju “jangkis” bayangin aja kamu ingin melamar kerja tapi kemeja atau jas kamu sedikit kebesaran duh pasti nggak nyaman banget (untuk matamu dan lamaran kerjamu)! Nah, kecuali guys kalau emang baju kebesaran yang kamu pakai itu adalah t-shirt kasual yang bisa di mix and match dengan jeans dan outfit lain, itu beda cerita ya. Intinya sih, pakailah baju yang terlihat bagus di tubuhmu.

Baju mahal tapi kalau dipakai jelek nggak akan membuatmu terlihat keren kok.

2.Baju Kelewat Ketat

Overly Tight T-shirt

Kekecilan sama baju ketat berbeda lho ya. Kalau baju yang kekecilan masih mungkin nggak terlalu ketat pada tubuhmu, sedangkan baju ketat sebenarnya itu ya sudah sesuai ukuran tapi bahannya aja yang memang melekat banget pada tubuh. Menurut saya sendiri ya, memakai baju super ketat itu nggak terlalu keren dan malah terbilang riskan. Kenapa? Karena baju super ketat akan memperlihatkan postur tubuhmu dengan sangat jelas, jadi kalau kamu nggak punya postur tubuh yang membanggakan jatoh-nya malah jadi jelek guys.

Tapi kalau kamu percaya diri dengan postur tubuhmu, ya nggak masalah sih kalau mau coba pakai baju ketat ini. Ingat ya guys baju ketat kadang juga bakal bikin ribet saat kamu kekenyangan makan siang karena dia akan semakin menekan perut kamu (yang kemungkinan sudah kayak bumil 5 bulan). Oh ya, beda cerita ya kalau baju yang kamu pakai itu compression clothing yang memang dibuat ketat untuk dipakai saat berolahraga.  

3.Warna dan Motif yang Nabrak

Jeremy Scott in Moschino

Hal ini penting banget untuk kamu perhatikan. Jangan pernah asal memilih warna dan motif yang akan kamu mix and match. Warna-warna yang terang jangan dicampur dengan motif-motif meriah dan warna terang pula. Kalau atasan yang kamu kenakan sudah memiliki motif meriah maka carilah bawahan yang sedikit berwarna kalem. Memadu dan memadankan warna dan motif memang sedikit sulit guys, untuk itu kamu harus sedikit berhati-hati dalam mencampur kedua outfit ini.

Jangan sampai pakaianmu akan membawa bencana bagimu. Color coordination yang paling aman bisa didapatkan dari pakaian dengan tema warna monokrom dan earth tones. Jadi, kalau kamu mau cari aman, carilah baju dengan warna-warna yang notabene aman. Nah, ditambah lagi dengan memiliki wardrobe berisikan baju dengan kedua tone tersebut, kamu akan mendapatkan kesan bahwa kamu adalah seorang penganut minimalism. Keren nggak?

4.Aksesoris Berlebih

An Overly Accessorized Hand

Pada dasarnya ya kebanyakan pria memang nggak punya dan nggak akan memakai terlalu banyak aksesoris. Jadi ya akan terlihat aneh dan salah kalau kamu malah memakai terlalu banyak aksesoris (apalagi kalau nggak nyambung sama outfit). Pakailah aksesoris yang memang udah sewajarnya pria pakai, seperti jam tangan, topi, ikat pinggang, atau kalau kamu memang suka aksesoris boleh lah tambahkan satu gelang atau cincin (yang nggak berlebihan ya, jangan batu bacan kamu pakai di jari).

Pastinya, aksesoris yang akan kamu kenakan harus sesuai dengan style dan acara saat itu ya. Jangan sampai aksesoris itu malah membuat kamu outfit kamu jadi jelek. Memang, kadang kamu mungkin tergoda untuk tampil berbeda dengan menambahkan aneka aksesoris di tanganmu, tapi ya dimohon untuk memerhatikan kecocokannya ya! Jangan jadi sebuah fashion flop yang layak dihujat.

5.SalTum (Salah Kostum)

The Worst of The Worst

Nggak kalah penting dengan yang lain, kamu harus tahu kapan baju-baju yang ada di lemarimu cocok dipakai. Maksudnya adalah jika kamu ingin memakai hoodie atau sweater saat musim panas, sebenarnya nggak masalah karena itu bisa melindungi kamu dari sinar UV juga. Apalagi kalau kamu sering berkendara dengan motor hoodie atau sweater bisa sangat membantu.

Tapi kamu harus tahu saat sudah merasa kepanasan baiknya kamu lepas outfit tersebut, daripada ya itu keringat membuat rawa-rawa di sekitar ketiakmu. Ya, tidak ada salahnya sih kalau kamu ingin tampil different. Misalnya kamu ingin memakai leather jacket sambil berlari, ya nggak ada yang ngelarang kok asal kamu tebal muka. Tapi, alangkah baiknya untuk kebaikan tubuh, martabat, dan durabilitas pakaian, gunakan pakaian sesuai dengan tujuan pembuatannya.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.