celana pria

Dalam urusan berpakaian umumnya pria lebih memilih model yang aman dan simpel. Seperti saat memilih celana yang pilihannya tidak jauh dari jeans untuk penampilan santai atau chino guna tampil lebih rapi. Padahal masih ada opsi lain yang bisa pria gunakan seperti celana pria bermotif kotak-kotak yang tidak kalah versatile.

Sedikit berisiko memang, tetapi jika digunakan dengan tepat, celana statement tersebut bisa menjadi salah satu pakaian paling stylish untuk pria. Terlebih, celana ini dapat pria pakai untuk penampilan kasual sampai formal. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa simak panduan memakai celana pria bermotif kotak-kotak berikut ini.

1.      Seimbangkan dengan pakaian lain

Mengingat celana bermotif kotak-kotak ini termasuk statement item, Anda harus bisa menyeimbangkan celana ini dengan item lain. Coba gunakan pakaian yang lebih netral dan tidak mudah menarik perhatian. Maka pada penampilan tersebut celana dapat menjadi pusat penampilan tanpa terlihat berlebihan. Memang tidak ada salahnya untuk Anda padukan motif lain saat memakai celana tersebut, tapi trik tersebut cukup berisiko dan bisa membuat penampilan terlihat seperti kostum.

2.      Sesuaikan dengan motif celana

Pria menghindari memakai celana bermotif kotak-kotak karena beberapa alasan. Pertama, tidak mau menjadi pusat perhatian akibat memakai celana tersebut. Kedua, tidak mau kakinya terlihat lebih besar akibat adanya motif pada celana.

Solusi dari keduanya adalah dengan menyesuaikan ukuran motif kotak-kotak pada celana. Motif kotak-kotak yang digunakan tidak harus berwarna bold dan berukuran besar. Anda bisa menggunakan motif berukuran mikro yang dari jauh justru terlihat seperti satu warna dasar saja.

3.      Tidak harus dipakai sebagai setelan

Salah satu waktu paling memungkinkan celana bermotif kotak-kotak digunakan pria adalah ketika memasangkannya pada setelan jas. Namun, saat ini cara berpakaian pria yang semakin luwes membuat aturan tersebut tidak harus selalu diterapkan. Anda bisa menggunakannya secara terpisah dan tidak melulu untuk penampilan formal saja.

Celana bermotif kotak-kotak sendiri sebenarnya dapat membuat penampilan pria lebih dressed-down. Di sisi lainnya, kesan smart-casual bisa secara instan didapatkan jika mengganti chino dengan celana tersebut.

4.      Beragam jenis kotak-kotaknya

Berhubungan dengan poin sebelumnya, terdapat beberapa jenis motif kotak-kotak yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Dimulai dari motif houndstooth yang bisa jadi statement penampilan tanpa memberikan kesan yang terlalu kuat. Ada pula motif windowpane yang lebih ‘berani’ dan mudah dipadukan dengan motif lainnya.

Selain itu, prince of wales dapat menjadi pilihan jika ingin menggunakan motif kotak-kotak yang lebih sederhana. Jika Anda mau bereksperimen, ada motif tartan yang bisa jadi andalan saat menerapkan gaya kasual.

5.      Perhatikan juga model celana

Saat ini beberapa label pakaian mengeluarkan celana bermotif kotak-kotak dengan potongan loose. Sayangnya celana model tersebut belum tentu sesuai untuk setiap pria. Disarankan untuk Anda memilih celana berpotongan slim atau straight-leg yang akan lebih mudah saat digunakan.

Selain itu, celana yang memiliki sedikit keliman pada bagian bawahnya pun dapat menetralkan motif kotak-kotak dengan sepatu. Anda pun bisa mencoba celana pendek yang kasual sehingga dapat lebih ‘diterima’ jika Anda menggunakan motif kotak-kotak tersebut.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.