jaket pria

Sekarang ini, mungkin para pria merasa kurang macho jika belum menggunakan jaket kulit. Jadi, peredaran jaket kulit di pasar juga jadi semakin marak karena demand yang besar dari para konsumennya. Anda bisa menemukan jaket kulit di mal maupun di pasar. Namun, Anda juga harus berhati-hati, karena banyak juga barang palsu yang beredar.

Jaket kulit pria biasanya terbuat dari bahan kulit domba, kambing atau sapi. Karena ketiganya memiliki tekstur kulit yang sangat berbeda dan cukup sulit diolah, maka jaket berbahan kulit menjadi cukup eksklusif dan berharga tinggi. Pada sejarahnya dipakai di daerah barat untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin dan menjaga kelembaban tubuh.

Hal ini yang membuat jaket pria ini menjadi fashion item yang mewah dan modis. Harganya terbilang cukup mahal jika Anda mencari yang asli. Namun sekarang, banyak beredar jaket kulit palsu di pasaran. Bahan dasarnya adalah kalep atau vinyl. Keduanya adalah material kulit sintetis yang cukup sulit dibedakan dari aslinya. Nah, berikut ini ada beberapa cara membedakan jaket kulit asli atau palsu. Yuk simak beberapa tips berikut ini.

1.      Cek harga produk

Melihat harga dapat menjadi satu cara kurasi jaket kulit untuk membedakan yang asli dari yang palsu. Jika harga yang ditawarkan terlampau murah, Anda perlu meragukan keaslian bahan kulitnya. Karena jaket kulit pria yang terbuat dari kulit asli pasti memiliki harga diatas standar pasaran.

Harga jaket kulit pria yang asli di pasaran sekarang harganya sekitar Rp 1 juta. Jika Anda kurang percaya diri menentukan apakah harga itu asli atau palsu, Anda bisa bertanya pada pengrajin jaket kulit itu sendiri.

2.      Perhatikan tekstur kulitnya

Ciri-ciri jaket pria yang terbuat dari material kulit asli dapat terasa dari tekstur permukaannya. Rasanya lembut ketika diraba. Namun jika terasa licin atau kesat, bisa dipastikan jaket terbuat dari bahan sintetis alias palsu. Bahan sintetis akan cepat kusut bahkan robek terutama jika berada dalam suhu panas.

3.      Cek potongan bahan dan jahitan

Kulit hewan tentu saja tidak dapat dibuat mulus secara sempurna. Meskipun bagian pinggir-pinggirnya diperhalus, Anda dapat meraba sisa-sisa serat dan lapisan bahannya. Jika jaket pria tersebut palsu atau terbuat dari bahan sintetis, bagian pinggir pada jahitan akan terasa sempurna tanpa serat.

4.      Perhatikan bagian pori-pori kulit

Hanya perlu dilihat dengan mata telanjang, perbedaaan jaket kulit asli dengan palsu terlihat dari pattern pori-porinya. Bahan sintetis punya pola yang konsisten seperti hasil buatan pabrik. Sementara kulit asli terlihat tidak konsisten. Lihat saja pada area lipatan seperti pada ketiak. Pada bagian ini biasanya digunakan kulit bagian perut hewan yang lebih tipis dan fleksibel.

5.      Perhatikan ketebalan dan elastisitas jaket kulit

Kulit hewan asli perlu melewati proses tempa yang membuatnya menjadi sangat tipis. Hal ini membuat kulit tidak terasa lentur. Anda bisa merabanya dan mencoba untuk memakainya. Jaket Kulit asli memiliki ketebalan sekitar 0.6mm-0.7mm. Itu adalah ketebalan yang sulit dicapai oleh bahan sintetis.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.