perawatan sepatu pria

Sepatu berfungsi sebagai alas kaki untuk melindungi kaki. Selain harus memadukan busana atasan dan bawahan, sepatu juga tidak boleh luput dari perhatian karena kini juga berfungsi sebagai pelengkap penampilan.

Kualitas sepatu yang dikenakan juga terlihat dari kebersihannya. Sepatu yang terawat dengan baik dan bersih, selain nyaman ketika dipakai juga akan menambah daya tarik penampilan dan rasa percaya diri. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan dalam merawat sepatu.

1. Bersihkan sepatu sebelum disemir

Sebelum Anda menyemir sepatu kulit Anda, pastikan sepatu benar-benar bersih dari kotoran. Sepatu kulit dapat dibersihkan dengan menggunakan saddle soap yang merupakan sabun khusus membersihkan kulit sepatu tanpa merusak sepatu.

2. Menyemir sepatu secara rutin

Gunakanlah produk wax/cream polish untuk menyemir sepatu setelah memastikan sepatu benar-benar bersih. Cara membersihkan sepatu dengan wax/cream adalah dengan menyikatnya ke permukaan sepatu kemudian gosok dengan kain bersih hingga mengilap.

3. Keringkan sepatu jika basah

Jangan biarkan sepatu Anda terlalu lama terkena air. Segeralah keringkan dengan lap kering atau tissue. Untuk bagian dalam sepatu yang basah, Anda bisa menggunakan kertas koran dan biarkan kering dengan sendirinya.

4. Kenakan saat kaki kering

Kaki yang basah menyebabkan sepatu menjadi lembab sehingga memicu bakteri dan kuman di dalam sepatu yang menyebabkan sepatu dan kaki menjadi bau.

5. Tata sepatu dengan benar

Tatalah sepatu di rak dengan rapi agar lebih mudah mengambilnya saat akan dikenakan. Selain itu mencegah agar sepatu tidak bergesek dengan sepatu lainnya dan tidak ada bekas baret.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.