Olahraga sepak bola erat kaitannya dengan sepatu. Pemain sepak bola profesional diwajibkan menggunakan sepatu di lapangan hijau untuk bermain dan berlatih. Kesalahan dalammemilih sepatu pernah dirasakan oleh legenda Manchester United, Eric Cantona. Akibat dirinya salah memilih sepatu sepak bola, Cantona mengalami cedera serius pada tahun 2005. Hal tersebut membuat sang menajer, Sir Alex Ferguson uring-uringan.

Memilih sepatu bola memang bukan perkara asal-asalan. Mulai dari jenis, ukuran dan terutamaharganya. Ada beberapa hal penting yang tidak dapat Anda abaikan begitu saja jika Anda ingin membeli dan mendapatkan kepuasan atau kenyamanan dalam memiliki sepatu bola. Berikut ulasannya:

1.      Perhatikan bahannya

Dari tahun ke tahun, bahan sepatu bola itu berubah-ubah dan teknologi yang digunakannya pun selalu berkembang. Tapi, tujuan utama tiap produsen itu selalu sama, yaitu membuat sepatu yang sangat ringan, tetapi tahan lama, kuat, dan lentur untuk dipakai menggiring bola.

Kebanyakan, sepatu ini itu dibuat dari kulit kanguru sehingga lembut dan nyaman dipakai. Namun ada juga yang dibuat dari kulit lain. Beda bahan, beda pula daya tahan serta kenyamanan penggunaannya.

Kini, ada juga sepatu yang bagian aasnya “dianyam” (knitted) agar bisa mengikuti bentuk kaki saat menggiring bola. Jenis ini sangat enteng dan tetap tahan air.

2.      Sesuai dengan ukuran kaki

Sepatu bola dirancang khusus untuk bermain sepak bola. Jadi, pastikan untuk tidak menggunakan sepatu untuk olahraga lain karena dapat membuat Anda cedera. Sepatu bola dirancang dengan bantalan atau sol ekstra keras dan memiliki efek peredam getaran yang ditimbulkan.

Sepatu bola yang bagus harus pas dengan bentuk kaki Anda. Istilah ini disebut glove like fit, yakni sepatu yang Anda pakai benar-benar membungkus kaki Anda layaknya sarung tangan membungkus tangan Anda. Pilih ukuran yang pas sesuai ukuran dan bentuk telapakkaki Anda, namun sisakan jarak kira-kira sebesar 5mm di depan ujung jari. Tujuannya untuk mencegah cedera pada jari.

3.      Jenis sol harus sesuai dengan jenis lapangan

Untuk performa terbaik, sol sepatu bola Anda harus sesuai dengan kondisi lapangan tempat Anda bertanding. Kesalahan memilih tapak sepatu (studs) dan memainkannya tidak pada permukaan lapangan yang tepat dapat mengakibatkan cedera.

Misalnya lapangan yang dengan permukaan keras, gunakan sol dengan studs ukuran pendek dan tidak runcing. Biasanya studs jenis ini terbuat dari plastik atau karet dengan jumlah 10-14 studs.

Untuk lapangan dengan permukaan yang lembut atau soft ground, Anda bisa memilih sepatu dengan studs panjang dan runcing. Sepatu jenis ini cocok untuk lapangan yang basah dan berlumpur. Sedangkan untuk jenis lapangan rumput alami yang tidak terlalu sering terkena hujan, gunakan sepatu khusus firm ground.

4.      Cek kelenturan sepatu

Ini yang paling penting. Ketika Anda sudah yakin dengan desain dan bahan, maka cobalah pakai sepatu tersebut. Pertama, pilih sepatu dengan ukuran yang paling pas kaki Anda. Tapi, jangan lupa memakai kaos kaki khusus sepak bola yah saat mencoba sepatu. Lebihkan satu nomor ukuran sepatu Anda.

Jika Anda sudah merasa pas, coba juga dipakai untuk melompat, berlari kecil dan menendang-nendang. Pastikan kelenturannya sesuai yang Anda harapkan dan tidak membuat kaki Anda risih karena gesekan-gesekannya.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.