dasi pria

Bagi pria yang sering mengenakan outfit formal pasti sudah tidak asing lagi dengan dasi. Akan tetapi kenyataannya masih banyak pria belum bisa dan tidak mengetahui bagaimana caranya memakai dasi pria. Meskipun sekarang sudah banyak dasi yang praktis dan tinggal pakai saja, tapi pria tetap harus tau seninya menyimpul dasi.

Berikut jenis simpul dasi yang harus dikuasi oleh para pria:

1. Simpul Biasa (Four-In-Hand)

How to tie a four-in-hand knot tie instruction. Guide for making necktie. Isolated flat vector illustration

Simpul biasa atau four-in-hand merupakan simpul dasi yang paling umum digunakan karena mudah dan cocok dengan sebagian besar jenis dasi serta kerah kemeja. Simpul ini sangat cocok untuk pria berukuran sedang atau tinggi dan memiliki dada serta leher yang lebar. Dengan bentuk kerucut dan lonjong, simpul dasi ini berbentuk sempit bila digunakan pada dasi yang tipis dan berbentuk lebih lebar pada dasi yang tebal.

2. Simpul Ganda (Double)

Simpul ganda sangat mirip dengan simpul biasa, yaitu hanya membutuhkan dua putaran. Diawal memakai simpul dasi ini, ujung dasi yang lebar diputar dua kali mengelilingi ujung dasi yang kecil. Simpul ganda ini lebih tebal daripada simpul biasa dan ideal untuk sebagian besar kemeja. Simpul dasi ini juga cocok untuk semua jenis dasi, kecuali dasi yang terlalu tebal.

3. Simpul Windsor

Simpul Windsor adalah simpul dasi yang umumnya diterapkan untuk acara-acara penting yang bersifat resmi. Simpul bergaya Inggris ini diambil dari nama “Duc of Windsor” yang mempopulerkan jenis simpul dasi ini. Karena bentuknya lebar, simpul ini sebaiknya digunakan untuk kerah yang berjarak lebar, seperti kerah Italia atau kerah Windsor.

4. Simpul Half Windsor

Simpul Half Windsor mirip dengan simpul Windsor, namun tidak terlalu lebar dan lebih mudah dibuat. Simpul ini cocok digunakan pada dasi tipis dan tidak terlalu tebal. Dengan bentuk yang anggun dan segitiga, sebaiknya simpul ini digunakan pada kemeja berkerah klasik atau jenis kemeja berkerah terbuka.

5. Simpul Kecil (Oriental)

Simpul kecil ini sesuai dengan namanya, berbentuk kecil. Simpul ini sangat cocok untuk dasi-dasi tebal atau kemeja berkerah sempit. Sebaiknya jangan digunakan pada kemeja berkerah panjang atau berjarak lebar. Cara memakai simpul dasi ini cukup mudah, walaupun harus diputar 180°. Simpul ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengikat dasi.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.