kemeja pria

Kemeja merupakan salah satu outfit pria yang dikenakan untuk kegiatan formal dan semi formal. Kemeja pria ini memiliki bentuk, motif, dan bahan yang beragam. Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata bentuk kerah kemeja pun bermacam-macam.

Apa sajakah model kerah kemeja pria yang perlu Anda ketahui? Simak ulasannya!

1. Straight Point Collar

Jenis kerah kemeja ini mempunyai sudut lancip atau runcing yang lurus ke bagian bawah. Kemeja jenis ini dipakai sebagai pakaian kantor karena memiliki potongan yang rapi namun tetap casual. Selain itu kerah tipe ini juga cocok dipadukan dengan sweater ketika cuaca dingin karena straight point collar memiliki lipatan yang jelas dan tajam dibandingkan jenis kerah lainnya.

2. Button Down Point Collar

Kerah pada kemeja pria tipe button down point collar memiliki kancing pada bagian bawah leher yang berfungsi menahan kerah tetap pada tempatnya. Beberapa kerah jenis ini memiliki lubang kancing sehingga memperlihatkan bagian kancingnya, namun ada pula yang hanya menggunakan semacam pengait dibalik lipatan kerah sehingga kancing tidak terlihat dari luar.

3. Tab Collar

Kerah jenis ini sangat cocok dipadukan dengan dasi. Bentuk kerah tab collar memiliki ujung yang tajam dan memiliki penahan pada bagian titik tengahnya. Penahan tersebut berfungsi merapatkan kerah saat Anda menggunakan dasi.

4. Spread Collar

Spread collar memiliki bentuk yang lebih terbuka atau lebar dari jenis kerah lainnya. Jenis kerah kemeja pria ini akan menunjukkan simpul dasi yang Anda kenakan.

4. Band Collar

Bentuk kerah jenis ini mirip dengan dengan pakaian China/Tiongkok sehingga kerah ini dinamakan kerah sanghai. Model kerah band collar ini mirip dengan baju koko. Pemakaian kemeja pria dengan model kerah ini tidak cocok digunakan dengan dasi dan biasanya digunakan dalam acara santai.

5. Wing Collar

Kemeja pria dengan model wing collar cocok untuk setelan tuxedo yang mengharuskan kamu menggunakan dasi kupu-kupu. Kerah jenis ini mempunyai lipatan kecil pada ujungnya yang berbentuk segitiga sama kaki. Lipatan pada kerah ini bentuknya kecil sehingga tidak menyentuh badan kemeja pria seperti beberapa kerah lainnya.

6. Club Collar

Kemeja pria dengan kerah club col­lar disebut kerah bulat dengan ujung kerahnya yang bulat dan tidak terlalu tajam.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.