parfum pria

Parfum sudah terkenal sejak berabad-abad yang lalu sebagai pengharum badan maupun ruangan. Parfum terbuat dari berbagai wewangian dengan bahan alami, seperti bunga, dedaunan, batang, kulit kayu, maupun buah-buahan.

Pada zaman dahulu minyak wangi digunakan untuk kepentingan upacara keagamaan, tetapi seiring dengan perkembangan zaman parfum menjadi produk perawatan tubuh yang bisa digunakan siapa dan kapan saja.

Sudahkah Anda tahu bahwa parfum pria memiliki berbagai jenis berdasarkan tingkat ketahanan wanginya? Berikut pembahasannya.

1. Extrait de Perfume

Kita sering menyebut jenis ini dengan parfum, parfum ini merupakan kasta tertinggi dalam kelas minyak wangi dengan kandungan campuran essense mulai dari 15 – 30 persen. Kandungan essense jenis ini lebih banyak dibandingkan jenis parfum yang lain, sehingga parfum ini dibanderol dengan harga mahal untuk kemasan kecil.

Aroma extrait de parfum sangat kuat dan tahan lama sehingga dapat tercium dari jarak jauh dan wanginya pun bisa bertahan 2-3 hari.

2. Parfum de Toilette (Eau de Parfum)

Eau de parfum merupakan jenis yang memiliki kandungan essense 8 – 15 persen. Jenis ini tingkat ketahanannya lebih rendah dibandingkan parfum, meskipun begitu masih dapat bertahan 1 sampai dengan 2 hari. Harga parfum ini juga lebih terjangkau dan lebih variatif jika dibandingkan dengan parfum, mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah. Ukuran kemasan eau de parfum biasanya sedikit lebih besar.

3. Eau de Toilette

Jenis eau de toilette ini bisa bertahan setengah hari sampai satu hari. Essense yang tercampur pada jenis ini berkisar antara 4 – 8 persen, sehingga harganya jauh lebih murah dengan kisaran ratusan ribu sampai jutaan rupiah, tergantung merek produknya.

Parfum jenis sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari dalam botol berbentuk spray.

4. Eau de Cologne

Eau de cologne atau biasa disebut cologne memiliki kandungan campuran essense yang lebih sedikit dibandingkan jenis parfum yang disebutkan di atas, berkisar antara yaitu 3 – 5 persen sehingga harganya juga lebih murah berkisar ratusan ribu rupiah.

Kandungan alkohol jenis ini lebih banyak sehingga cepat menguap dan wangi hanya bertahan sekitar 2-6 jam. Parfum inipun dikemas dengan botol besar. Cologne sering dikenakan untuk acara outdoor atau setelah berolahraga.

5. Splash Cologne

Jenis ini merupakan yang paling murah karena campuran essense-nya sangat sedikit antara 1 – 3 persen. Karena essense yang sedikit menyebabkan wanginya hanya mampu bertahan 1 – 2 jam bahkan kurang. Parfum jenis ini biasanya dikemas dalam bentuk roll on, deodorant, atau body splash. Splash cologne digunakan langsung sehabis mandi agar tubuh lebih segar dan harum.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.