Sepatu kulit banyak dikenakan oleh pria dewasa untuk menunjang penampilan. Sepatu kulit dapat memberikan kesan lebih dewasa dan maskulin saat dikenakan. Sepatu pria jenis ini juga sangat cocok untuk kerja atau atau khususnya acara formal. Namun, kini sudah banyak juga sepatu kulit yang bisa digunakan untuk kegiatan kasual.

Akan tetapi, tahukah bahwa Anda harus memperhatikan bahan, model sepatu, hingga warnanya. Berikut akan dibahas jenis kulit pada material sepatu.

1. Full-grain leather

Jenis material ini merupakan bahan kulit premium yang tahan lama. Full grain leather adalah bahan kulit alami yang tidak dimodifikasi sehingga susah ditemukan dan pengolahannya untuk dijadikan sepatu pun lebih sulit. Sepatu dengan bahan full grain leather ini dikenal produk premium.

Sepatu berbahan kulit ini lebih tahan lama dibandingkan bahan kulit lainnya. Semakin tua sepatu ini akan makin bagus bahannya. Dari segi penampilan, sepatu berbahan full grain leather akan memberikan kesan elegan dan mewah kepada pemakainya sehingga cocok untuk acara formal.

2. Pull-up leather

Karakteristik pull-up leather adalah lebih elastis dan permukaannya lembut jika dibandingkan dengan full grain leather. Makin tua umurnya, makin bagus pula patina yang dihasilkan. Patina merupakan lapisan berkilau yang muncul pada sepatu kulit akibat kandungan minyak di dalam sepatu. Patina muncul dipicu oleh gesekan pada permukaan kulit sepatu akibat pemakaian sehari-hari.

3. Suede

Sepatu berbahan suede dibuat dari kulit alami bagian dalam yang diamplas. Tekstur sepatu berbahan suede memiliki karakteristik lebih halus dan lentur. Sepatu berbahan suede harganya terjangkau jika dibandingkan bahan kulit lainnya. Kekurangan sepatu berbahan ini daya tahan yang tidak begitu bagus jika dibandingkan material lainnya. Sepatu ini cocok Anda gunakan untuk kegiatan nonformal seperti jalan-jalan.

4. Nubuck

Sepatu berbahan nubuck terbuat dari kulit alami yang bagian luar kulit alaminya diamplas. Karena terbuat dari kulit luar, tekstur sepatunya jadi lebih kuat dan sering digunakan untuk pembuatan sepatu jenis boots. Sepatu dengan material nubuck ini memiliki pori-pori yang lebih besar sehingga sirkulasi udara berjalan dengan baik. Kaki jadi tidak mudah lembap dan bau saat memakainya.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.