Jangan lupa untuk miliki salah satu boots ini di wardrobe kamu!

Bagi pria untuk tampil stylish, keren, dan manly nggak melulu harus memakai sneakers atau formal shoes lho. Contohnya kamu bisa memakai boots entah untuk sehari-hari seperti hangout dengan teman, ke kantor, atau pergi ke acara-acara formal. Meski boots memiliki image sebagai sepatu yang adventurous, tapi jangan salah guys karena ada banyak varian dari sepatu yang satu ini.

So, semua tergantung pilihan jenis boots yang kamu kenakan untuk ke acara-acara tertentu. Sepatu boots juga memiliki pesonanya sendiri yang bisa menunjukkan kesan elegan, manly, tangguh, dan cerdas terhadap pemakainya lho. Nah, untuk itu kenali yuk jenis boots berikut ini.

Chukka Boots

Suede Chukka Boots

Boots satu ini yang biasanya paling sering dijumpai sebagai fashion item pria. Ciri khas chukka boots adalah dia hanya memiliki dua hingga tiga lubang tali ikat saja. Boots ini juga biasanya memiliki bahan suede, tetapi karena sudah menjadi tren akhir-akhir ini chukka boots pun berkembang dengan bahan lain seperti kulit sintetis dan sebagainya.

Bentuknya yang sederhana dan minimalis ini cocok untuk kamu kenakan saat hangout dan kerja guys. Kamu akan terlihat makin manly dan smart dengan memakai boots yang satu ini!

Suede Desert Boots

Green Suede Desert Boots

Seperti namanya, material utama boots ini adalah bahan suede. Untuk modelnya, desert boots ini hampir sama dengan chukka boots. Awalnya boots ini adalah sepatu militer yang kemudian berkembang menjadi fashion item pria untuk dipakai sebagai daily item.

Karena bahannya membutuhkan perawatan khusus ada baiknya kamu menggunakan semprotan waterproof agar desert boots ini cukup tangguh digunakan dalam segala cuaca. Tapi kamu tetap harus waspada dan hindari pemakaian saat musim hujan ya guys, karena bisa merusak bahan suede-nya.

Chelsea Boots

Leather Chelsea Boots

Satu lagi boots yang bentuknya hampir menyerupai chukka boots. Ya, chelsea boots adalah jenis boots yang mungkin sering juga kamu jumpai sehari-hari. Boots ini cocok kamu gunakan ke acara-acara formal seperti meeting ataupun kondangan.

Chelsea boots memiliki ciri-ciri pergelangan kaki yang tinggi (ya iyalah kan boots), ramping, dan nggak bertali. Selain itu ciri khas lain dari chelsea boots adalah sepatu ini memiliki aksen karet di sisi kiri dan kanan sehingga memudahkan kamu memasukkan kaki ke dalam sepatu. Bagian elastis ini memang menjadi kelebihan chelsea boots.

Hiking Boots

Hiking/Trail Boots

Sama dengan namanya kegunaan boots ini adalah untuk menemani kamu saat mendaki. Tapi tunggu dulu guys, kamu tetap bisa menikmati kerennya memakai hiking boots meski nggak suka dan lagi nggak mendaki. Belakangan boots jenis ini menjadi tren di dunia fashion pria thanks to Carhartt WIP yang sudah mempopulerkan hiking boots untuk kalangan normies.

Produsen-produsen fashion seperti Hermès, Louis Vuitton, dan Bally pun mulai memproduksi hiking boots untuk semua kalangan. Namun, kamu harus tahu kalau model hiking boots sangat ngepas di pergelangan kaki (tapi tetap nyaman dan nggak membatasi gerak kok) sehingga akan sedikit berbeda sensasi memakainya dengan boots-boots lainnya.

Military Boots

Military/Combat Boots

Boots satu ini memiliki bahan kulit yang cukup keras karena memang fungsinya untuk melindungi kaki. Military boots ini lebih cocok dan tangguh melindungi pemakainya terhadap lingkungan dan cuaca yang nggak bersahabat.

Untuk modelnya sendiri, boots ini memiliki bentuk pergelangan kaki yang cukup tinggi dengan bahan kulitnya yang keras. Nah, kalau kamu bingung kapan harus memakai boots jenis ini, kamu bisa padu padankan dengan jeans dan kaca mata hitam supaya gayamu semakin manly (Ala-ala Navy SEAL).

Wingtip Boots

Black Wingtip Boots

Ini dia boots yang cocok untuk kamu pakai ke acara formal. Wingtip boots ini memiliki model hampir sama dengan jenis brogue shoes. Bedanya hanyalah sepatu ini memiliki high ankle dan bagian solnya pun lebih lebar.

Meski sekilas jenis sepatu wingtip dan brogue mirip dengan oxford shoes, tapi mereka memiliki aksen lubang-lubang (ciri khas vintage) yang lebih banyak dan dekoratif. Udah kebayang dong kamu akan memakai boots ini ke acara apa.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.