Kenali salah satu clothing item yang sangat versatile ini

Denim jacket, atau biasa disebut oleh orang Indonesia sebagai jaket jeans bisa dibilang adalah salah satu clothing item yang paling universal. Setiap harinya, kemungkinan besar kalian akan menemukan setidaknya satu orang yang mengenakan varian outerwear ini dalam berbagai jenis warna dan wash.

Menurut saya pribadi, jaket denim merupakan satu jenis pakaian yang wajib dimiliki oleh setiap orang dari lintas kalangan, alias barang esensial. Penasaran kenapa saya begitu mendukung varian jaket ini sebagai barang wajib?

Yuk ikuti artikel ini!

Durabilitas

Nudie Denim Jacket

Hal pertama yang selalu mengingatkan saya akan kualitas jaket denim adalah ketahanannya. Ya, jaket jeans, terutama dari merek-merek ternama seperti Levi’s, Nudie, dan Evisu kebanyakan terbuat dari kain denim berkualitas yang tahan untuk dipakai bertahun-tahun lamanya di berbagai situasi dan cuaca.

Maka karena itu kalian akan sering melihat bikers, pekerja kayu, hingga pekerja konstruksi memakai jaket denim, karena selain kuat, jaket denim juga bisa memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh mereka.

Style

Levi’s Shearling Jacket

Walaupun suatu jenis pakaian sudah terjamin durable, tentunya orang tetap tidak akan memakainya jika clothing item itu tidak stylish bukan? Nah, untungnya jaket jeans itu sangatlah stylish, dan mudah untuk dipadu padankan dengan berbagai jenis outfit!

Selain itu denim jacket juga hadir dalam begitu banyak varian warna, ukuran, dan bahkan wash. Tentunya pada masa kini, varian jaket denim yang lagi cukup populer adalah distressed denim jacket dan shearling denim jacket. Tapi, kalau kalian ingin memakai varian yang timeless, pilihlah trucker jacket.

Karakter

Faded Nudie Denim Jacket

Seperti layaknya pakaian yang terbuat dari denim, setelah beberapa lama pemakaian, terutama jika jaket denim tersebut dipakai secara cukup rutin, akan muncul beberapa bekas pemakaian pada permukaan denim yang biasa disebut sebagai fades. Mirip seperti layaknya patina pada barang-barang kulit, fades pada denim merupakan pertanda pemakaian yang unik.

Kenapa unik? Well, kalian tidak akan menemukan jaket denim lainnya yang memiliki fades yang sama dengan milik kalian, karena fades tersebut merupakan hasil pemakaian kalian sendiri. Fades ini memberikan karakter tersendiri pada jaket denim kalian, dan pastinya membuat kalian tampil lebih menonjol.

Customizability

Patches on Denim Jacket

Karena terbuat dari denim yang cukup kaku dan solid, jaket jeans bisa menjadi sebuah wadah bagi kalian untuk menumpahkan kreativitas. Entah itu dengan melukis di bagian belakang jaket tersebut, menempelkan patches, atau menambahkan pins favoritmu di jaket kesayanganmu.

Kalian juga bisa melakukan custom distressing pada jaketmu agar jaket jeans tersebut lebih terlihat worn-in dan bisa menambahkan efek vintage. Intinya, be as creative as possible!

Harga

Evisu Denim Jacket

Perihal harga, walau memang ada begitu banyak varian jaket denim dari beragam brand yang memiliki price point yang berbeda-beda, bisa dibilang kebanyakan jaket denim itu cukup affordable. Kalian bisa membeli trucker jacket merek Levi’s di harga 800 ribuan, dan jaket tersebut akan tahan sangat lama.

Kalau kalian belum memiliki bujet sebesar itu, ada begitu banyak fast fashion brands yang juga menjual denim jacket di harga yang lebih terjangkau. Tapi, kalau kamu ingin membeli jaket denim dari brand mahal seperti Nudie, Evisu, dan Acne Studios, kalian harus siap menyiapkan lebih dari 2 juta rupiah untuk 1 buah jaket jeans.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.