sepatu pria

Beberapa dari Anda mungkin sudah sampai pada saat di mana sepasang sneakers tidak lagi sering dikenakan saat berkumpul bersama teman-teman. Tentu saja, sepatu pria klasik sudah ada sejak beberapa puluh bahkan ratus tahun, tapi Anda memerlukan panduan sepatu klasik mana saja yang cocok untuk digunakan untuk keperluan sehari-hari untuk menunjang penampilan yang elegan dan timeless.

Ada banyak sekali pilihan sepatu pria klasik yang bisa Anda kenakan, berikut empat sepatu klasik yang wajib Anda miliki.

1.      Brogue

Asal-usul sepatu brogue tidak ada yang benar-benar tahu, tapi hampir semua daerah di Inggris mengakui bahwa brogue berasal daerah mereka. Satu hal yang kita tahu adalah sepatu ini dibuat untuk dipakai di daerah pedesaan untuk berburu.

Desainnya yang rumit, banyak lubang, dan material dari kulit ini sengaja dibuat agar air dan udara dapat bersirkulasi dari dalam sepatu saat Anda sedang berada di daerah yang berair. Hingga pada pertengahan abad ke-20, sepatu brogue tidak dianggap sebagai sepatu formal. Mayoritas sepatu ini berwarna coklat, karena berasal dari daerah pedesaan di Inggris, namun sepatu ini kemudian hadir dalam warna hitam ketika brogue mulai dipakai untuk keperluan bisnis.

2.      Derby

Sepatu derby adalah sepatu klasik dari beberapa dekade lalu. Hal menarik dari sepatu ini adalah bentuknya yang sederhana namun stylish dan modern. Sepatu derby atau yang juga dikenal sebagai blucher bagi beberapa orang, terbuat dari beberapa potong kulit dan jahitan sederhana, sehingga hasil akhirnya sangat simple dan sleek.

Sepatu ini berasal dari Amerika Serikat dan Inggris saat para pria pada tahun 1850-an memakainya untuk berburu. Pada abad ke-20, derby shoe menjadi lebih diterima untuk dipakai di perkotaan dan juga pedesaan. Jika dilihat, banyak sekali sepatu klasik yang berasal dari keperluan berburu di pedesaan sebelum merangkak naik menjadi sepatu formal.

3.      Loafer

Loafer adalah sepatu pria klasik yang telah menjadi favorit banyak pria karena dapat dipakai untuk acara apa saja. Sepatu loafer berasal dari Native American yang menciptakan versi pertama sepatu slip-on yang dinamakan mocassin. Hingga sampai pada tahun 1800-an seorang pembuat sepatu bernama Raymond-Lewis Wildsmith mengembangkan sepatu mocassin, sehingga akhirnya digunakan oleh para keluarga kerajaan sebagai sepatu rumah.

Dipakai dari para keluarga kerajaan hingga orang biasa, loafer telah melalui banyak hal. Mulai pada tahun 1920 dan 1930-an, ketika para pria mulai memakai loafer ke tempat-tempat formal di Amerika. Sejak saat itulah, sepatu loafer lebih dikenal sebagai sepatu untuk acara formal dan juga kasual.

4.      Chelsea boots

Chelsea boot dibuat oleh pembuat sepatu kerajaan J. Sparkes-Hall yang menciptakan sepatu boot sebagai sepatu rumah untuk Ratu Victoria. Bagian sampingnya yang elastis dan siluetnya yang tinggi membuat sepatu ini menjadi alternatif untuk sepatu-sepatu lain yang lebih kaku.

Dalam perkembangannya, Chelsea boot dapat dipakai oleh pria dan wanita tersebar di seluruh Inggris sebagai pengganti sepatu yang biasa mereka pakai. Boots ini juga akhirnya dipakai para penunggang kuda, juga sebagai pengganti knee-high riding boots, karena sangat nyaman saat dipakai.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.