pakaian formal

Pandemi yang melanda dunia akhir-akhir ini menyebabkan semua instansi dan perusahaan melakukan kegiatan Work From Home. Bagi sebagian orang mungkin sudah terbiasa dengan kegiatan WFH ini, jadi bukan suatu hal yang baru. Akan tetapi banyak orang yang canggung karena sudah terbiasa bertatap muka di kantor, dan merasa lebih produktif ketika bekerja di kantor. Terlebih lagi suasana di rumah yang terkadang ramai dan membuat Anda sulit untuk fokus dan berkonsentrasi.

Untuk Anda yang belum terbiasa WFH, berikut tips agar tetap produktif saat Work From Home.

1. Buatlah ruang kerja di rumah

Tips untuk tetap produktif yang pertama yaitu dengan membuat ruangan kerja sendiri. Ini akan sangat bermanfaat ketika ada deadline atau meeting, Anda tetap bisa fokus kerja tanpa mendapatkan gangguan. Gunakanlah ruangan di rumah yang didedikasikan untuk berkegiatan selama Work From Home.

2. Tetapkan jam kerja

Kerja dari rumah juga bukan berarti bisa seenaknya dan jadi lupa waktu. Tips untuk tetap produktif selanjutnya adalah dengan menetapkan jam kerja agar teratur dan tidak berbenturan dengan kegiatan Anda lainnya. Jika Anda terbiasa kerja dari jam 9 pagi sampai 5 sore, ada baiknya untuk tetap pada schedule yang biasa Anda jalani. Aturlah waktu dan buat kesepakatan dengan orang rumah, agar mereka juga tahu. Jangan lupa atur waktu dengan rekan kerja agar jika ada sesuatu yang mendadak bisa dibantu dan di backup oleh tim Anda.

3. Berpakaian rapi

Memakai pakaian yang bebas justru akan menghambat produktivitas kerja. Tips untuk tetap produktif selama Work from Home yang bisa Anda perhatikan selanjutnya adalah berpakaian rapi. Karena apa yang Anda kenakan akan mempengaruhi cara berpikir Anda. Anda tidak harus mengenakan pakaian formal, cukup senyaman dan serapi mungkin.

4. Komunikasi

Ketika Work From Home, komunikasi merupakan hal yang paling penting karena kita tidak bertatap muka secara langsung. Agar tidak menghambat produktivitas selama WFH, ketika ada sesuatu yang mendadak segera infokan ke rekan kerja Anda. Anda bisa memasang status away di Whatsapp atau platform komunikasi lain untuk memberitahu bahwa Anda sedang tidak didepan komputer. Tetaplah jaga komunikasi dengan rekan kerja Anda.

5. Jangan lupa istirahat

Bekerja di kantor ada waktu istirahat, di rumah justru akan lebih fleksibel. Anda dapat manfaatkan waktu luang ketika kerjaan tidak terlalu banyak. Tips untuk tetap produktif saat WFH adalah jangan terlalu fokus dan terlalu lama duduk di depan layar komputer, kadang mata kita perlu istirahat. Anda juga bisa melakukan peregangan badan agar tidak kaku setelah lama duduk. Kadang saat istirahat juga bisa melakukan power nap, hal ini akan membantu menaikkan produktivitas, karena setelah power nap, badan Anda akan terasa lebih segar dan berenergi.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.