sepatu Nike

Salah satu produsen besar sepatu olahraga, pakaian, dan alat-alat olahraga, Nike genap berumur 56 tahun. Semua kalangan pasti kenal Nike, brand dengan beragam teknologi canggih untuk setiap produk yang dikeluarkannya.

Nike juga terkenal sering mensponsori atlet dan tim olahraga ternama di dunia dan merupakan salah satu perusahaan dengan pendapatan tahunan tertinggi di dunia.

Dikutip dari Complex, berikut empat fakta menarik tentang Nike:

1. Awalnya, Nike dikenal dengan nama “Blue Ribbon Sports

Tahun 1964, awal berdiri Nike menggunakan nama Blue Ribbon Sports dan beroperasi sebagai distributor untuk pembuat sepatu di Jepang, Onitsuka Tiger (sekarang bernama ASICS).

Pada tahun 1971, perusahaan itu kemudian berganti nama menjadi “Nike”, yang merupakan dewi dalam mitologi Yunani, yang berarti kemenangan.

2. Didirikan oleh atlet dan pelatihnya

Brand Nike didirikan pada tahun 1964 oleh Bill Bowerman, seorang pelatih bidang track & field, dan Phil Knight, seorang pelari jarak menengah asal Portland sebagai perwakilan dari University of Oregon. Produk yang diproduksi dan dijual Nike pada saat itu meliputi sepatu olahraga, pakaian atletik, aksesori, dan peralatan olahraga.

3. Logo Nike “Swoosh Logo”

Didesain oleh Carolyn Davidson pada tahun 1971 yang merupakan murid desain grafis di Portland State University, kemudian desain tersebut dihargai sebesar $35 dan mendapatkan lebih dari $ 64.0000 produk Nike.

4. Asal slogan “Just Do it”

Slogan “Just Do It” Nike terinspirasi dari seorang pembunuh berantai bernama Gary Gilmore sebelum di akhirnya di eksekusi tembak mati pada tahun 1977. Pada tahun 1980, Nike menggandeng perusahaan periklanan Wieden & Kennedy dari Portland, untuk project promosi baru dengan tujuan memperluas daya tarik produknya.

inspirasinya datang dari kisah pembunuh berantai terkenal di Amerika Serikat tersebut. Saat dieksekusi Gilmore punya kata-kata terakhir yaitu “Just Do It“. Kata-kata inilah yang membuat Gilmore menjadi terkenal, dan menginspirasi perusahaan iklan Nike untuk menjadikan kata-kata itu sebagai slogan Nike.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.