Klasik vs Modern!

Jam, jam, dan jam. Aksesoris tangan yang satu ini memang bisa dibilang merupakan salah satu aksesoris paling esensial dan paling mudah dijumpai ke mana pun kamu pergi. Bagaimana tidak, selain classy, jam tangan pun mudah dipadukan dengan kebanyakan outfit.

Tapi, seperti yang kemungkinan besar kalian sudah ketahui, ada begitu banyak varian jam yang bisa kamu dapatkan di masa kini. Tapi, kali ini saya akan membandingkan dua tipe jam yang bisa dibilang cukup kontras, yakni smartwatch dan analog watch.

Yuk, langsung kita bahas saja!

Display

Apple Watch

Tentunya kalian bisa dengan jelas membedakan smartwatch dan analog watch dari faktor yang satu ini kan? Ya, smartwatch tentunya akan memakai display digital, sedangkan analog watch masih memakai tampilan konvensional dalam beberapa varian (chronograph, day-date, dan lain-lain).

Smartwatch sendiri merupakan jam modern yang memang dibuat untuk kebutuhan kaum urban yang tech savvy, lantas  desain tampilannya dibuat secanggih mungkin. Kalau jam analog yang klasik, display-nya akan statis dan kuno. Tapi tidak berarti display dari smart watch itu lebih bagus dari jam analog ya!

Fungsionalitas

IWC Perpetual Calendar

Coba kalian lihat jam IWC Perpetual Calendar di atas dan kalian coba pikirkan informasi apa saja yang bisa kalian dapatkan dari jam tersebut. Ya, dari jam super mahal itu, kalian “hanya” bisa mendapatkan tanggal, bulan, tahun, siklus bulan, dan pastinya waktu. Jika kalian ingin membandingkan dengan smartwatch yang memiliki begitu banyak fitur canggih kekinian, kesannya tidak sebanding memang kalau kita ingin melakukan komparasi dari segi fungsi.

Tapi, kadang dalam simplicity kalian malah bisa mendapatkan value yang tertinggi, karena kadang kalian tidak membutuhkan terlalu banyak fitur dalam suatu aksesoris. Coba tanyakan hal ini ke diri kalian sendiri, kalau semua fitur dalam smartwatch ada di hp kalian, buat apa kalian mengeluarkan uang untuk smartwatch (yang notabene build quality-nya biasa aja)?

Desain

Jaeger-LeCoultre Watch

Jujur ya, personally, saya jauh lebih suka desain dari jam analog yang terkesan classy dan otentik. Buat saya, smartwatch itu terkesan clunky dan tidak sleek, dibandingkan dengan analog watch (seri tertentu ya pastinya) yang begitu elegan dan premium.

Tapi ya, seperti biasanya, selera orang sih berbeda-beda, dan sudut pandang mereka soal desain jam mana yang lebih cocok tentunya akan terpengaruh dari situ. Intinya sih, pilihlah jam yang paling cocok dengan gaya, vibe, dan pastinya dompet kalian!

Durabilitas

Garmin Watches

Durabilitas yang saya akan bahas akan saya bagi menjadi dua faktor, yaitu ketahanan banting dan waktu menyala. Soal ketahanan banting sih menurut saya sangat subjektif ya. Semuanya tergantung dari kualitas jam masing-masing yang akan memberi pengaruh langsung ke build quality jam tersebut.

Tapi, secara general sih menurut saya jam analog akan lebih tahan banting. Nah, soal waktu menyala, pastinya jam analog akan mengalahkan smartwatch secara telak karena smartwatch butuh diisi dayanya setiap beberapa hari atau bahkan jam!

Price Range

Rolex Oyster Perpetual

Pastinya suatu komparasi produk tidak akan lengkap tanpa perbandingan harga! Tapi ya sebenarnya price point-nya akan sangat bervariasi tergantung dari merek jam apa yang ingin dibicarakan.

Kalau mau dipukul rata, smartwatch bisa dibilang merupakan pilihan smart bagi kalangan urban yang menginginkan jam di kisaran harga di bawah 10 jutaan. Nah, soal jam analog (considering saya hanya mengambil sample jam yang berkualitas ya), kisaran harganya dimulai dari 1 jutaan hingga miliaran rupiah! Jadi kalian tinggal sesuaikan saja ya dengan bujet kalian.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.