jam tangan pria

Jam tangan kayu jadi tren yang kini sedang banyak diincar oleh baik pria maupun perempuan. Jam tangan pria selalu jadi aksesori yang perawatannya harus selalu diperhatikan. Karena memang, cara Anda merawatnya tentu menentukan umur dari jam tangan tersebut.

Apalagi jam tangan kayu, yang terbilang masih “baru”, jadi masih banyak pria yang belum mengetahui bagaimana cara merawat jam tangan model ini dengan cara yang tepat. Anda tentu tidak ingin jam tangan pria kesayangan Anda ini tidak tahan lama karena salah merawatnya? Untuk itu mari simak tips merawat jam tangan kayu yang tepat berikut ini.

1.      Rutin mengganti baterai

Pada dasarnya tips yang satu ini memang harus diterapkan pada semua jenis jam tangan. Penggantian baterai jam tangan secara berkala akan menjaga “kesehatan” jam tangan itu sendiri dan akhirnya memiliki umur yang lebih panjang.

Hal yang harus diperhatikan adalah ganti baterai dengan kualitas yang terbaik, jangan sampai sembarang. Pergilah ke tempat reparasi jam tangan yang terpercaya, gunakan baterai pengganti orisinil, agar mesin jam lebih tahan lama.

2.      Bersihkan menggunakan kuas

Material kayu pada bagian strap jam tangan memiliki permukaan yang berongga-rongga. Hal ini sangat mirip dengan permukaan dari material jam tangan stainless steel. Karena hal itu pun, biasanya banyak debu dan kotoran yang menempel dan bersarang pada rongga-rongga tersebut.

Bagaimana jika ingin membersihkannya? Anda bisa menggunakan kain bersih dan kuas berbulu halus untuk mengangkat kotoran atau noda yang menempel. Jika memang ada debu yang menempel pada rongga-rongga kecil, mungkin Anda bisa menggunakan cotton bud atau kuas yang lebih kecil.

3.      Jangan sampai terkena air

Water resistant atau waterproof biasanya jadi fitur wajib yang dihadirkan pada jam tangan. Tapi khususnya untuk jam tangan kayu, bahan kayu justru tidak tahan air. Kayu akan sangat rentan ketika terkena air dalam jumlah yang banyak karena bisa menyebabkan kayu lapuk dan berjamur.

Untuk itu sebaiknya hindari penggunaan jam tangan kayu di tempat lembab atau berair, seperti saat mandi atau berenang. Tapi tenang saja, jam tangan kayu yang banyak dihadirkan di pasaran biasanya masih tahan dengan air hujan atau cipratan air saat cuci tangan. Hal ini karena jam tangan tersebut memiliki fitur splash resistant.

4.      Hindari olahraga ekstrem

Anda pasti tahu bahwa kayu memang menjadi salah satu material yang tahan lama. Tapi hal ini bisa terwujud jika Anda menghindari penyimpanan atau penggunaan jam tangan kayu di cuaca ekstrim. Jadi hindari cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin untuk menyimpan jam tangan secara terus menerus.

Jam tangan kayu yang berada pada tempat dengan suhu udara yang ekstrim secara terus menerus, akan membuat permukaannya mudah rapuh dan bahkan bisa menjadi retak. Selain itu pun, suhu udara tersebut bisa mempengaruhi ketahanan mesin jam.

5.      Jangan digunakan saat olahraga berat

Jika Anda melakukan olahraga berat, sebaiknya hindari penggunaan jam tangan kayu. Olahraga-olahraga yang menggunakan alat berat, seperti beban, bisa bergesekkan dengan jam tangan dan paling parah bisa membuatnya retak atau patah. Selain itu, kurang nyaman juga mengenakan jam tangan kayu saat berolahraga.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.