dompet pria

Jenis dompet pria sangat banyak, akan tetapi dompet kulit masih menjadi dompet terfavorit di kalangan pria. Dompet kulit sangat digemari karena memberikan kesan wibawa pada pria, selain itu dompet pria ini juga lebih awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan dompet bahan lain.

Dahulu dompet kulit hanya digunakan oleh kalangan menengah ke atas, kini dompet pria ini diproduksi dengan berbagai desain dan motif sehingga bisa digunakan oleh semua kalangan. Terlebih lagi modelnya didesain lebih minimalis sehingga sangat cocok digunakan pria modern.

Lalu bagaimanakah cara memilih dompet kulit yang baik?

1. Model dompet

Dompet pria terdiri dari dua jenis model:

  • Model bifold

Model dompet pria ini merupakan salah satu model yang simpel dan ringkas. Untuk Anda yang membutuhkan dompet hanya untuk menyimpan uang, model bifold lipat merupakan pilihan yang tepat. Modelnya terdiri dari satu saku untuk uang kertas dan saku. Jika nada membutuhkan dompet untuk menyimpan uang koin, Anda dapat memilih dompet bifold dengan kantong ritsleting atau kantong koin.

  • Model trifold

Model ini terdiri dari tiga lipat bagian yang bisa digunakan untuk Anda yang membutuhkan ruang simpan yang lebih banyak karena desainnya yang lebih besar. Selain itu tempat penyimpanan kartu di dompet ini juga lebih banyak. Akan tetapi dompet ini tidak bisa Anda simpan langsung di saku baju atau celana karena modelnya yang besar.

2. Warna dompet

Dompet kulit dibuat dari berbagai jenis bahan kulit. Salah satu dompet yang populer adalah jenis pull up leather. Dompet jenis ini terbuat dari kulit binatang bagian luar. Dompet ini memiliki ciri khas jika semakin lama digunakan, warnanya akan berubah menjadi lebih gelap. Lalu ada juga jenis dompet yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan, jenis ini disebut vegetable tan. Selain perawatannya yang murah, jenis bahan ini sangat ramah lingkungan dengan harga yang cukup murah. Berbeda dengan kulit pull up, kulit vegetable tan akan semakin bagus dan berkarakter saat terkena cahaya matahari.

3. Ketahanan dan keawetan dompet

Dompet kulit memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan dompet bahan lain. Sehingga banyak produsen lokal yang membuat dompet kulit dengan harga terjangkau dengan kualitas bagus. Keaslian bahan kulit sebuah dompet bisa dilihat dari baunya yang khas dari hewan yang digunakan kulitnya. Sementara dompet yang terbuat dari kulit imitasi biasanya akan berbau seperti karet atau bahan kimia. Selain itu kulit asli memiliki tekstur yang cukup kasar dan tidak rata, sedangkan kulit imitasi atau sintetis memiliki permukaan yang sangat halus dan mudah terkelupas. Oleh karena itu berhati-hatilah saat akan membeli dompet kulit aslu, perhatikan secara teliti agar Anda tidak tertipu.

4. Ukuran dompet

Dompet yang compact dan slim dangat disukai oleh pria modern karena mudah disimpan di saku baju atau celana tanpa mengganjal. Pilihlah dompet yangmemiliki ketebalan 1 cm dengan panjang tidak lebih dari 15 cm dalam keadaan terlipat.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.