ikat pinggang pria

Ikat pinggang pria merupakan salah satu fashion item yang wajib dimiliki oleh pria. Meskipun ikat pinggang tidak akan terlihat mencolok saat dikenakan karena tertutup kemeja atau jas, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Pertimbangkanlah ukuran, tipe gesper, dan materialnya dengan cermat agar penampilan Anda tetap keren.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli ikat pinggang yang diinginkan, ketahuilah terlebih dahulu poin-poin dasar dalam memilih ikat pinggang kulit untuk pria. Dengan tips dan trik dasar ini Anda menemukan sabuk kulit terbaik untuk pria.

1. Material kulit

Jangan sembarang memilih ikat pinggan hanya karena modelnya. Ikat pinggang kulit terbuat dari dua jenis bahan, yaitu kulit asli (genuine leather) dan kulit sintetis (synthetic leather). Material kulit sintetis dijual dengan harga yang lebih murah akan tetapi memiliki kekurangan lubang pengaitnya cepat melar dan kulit imitasinya cepat rusak. Pilihlah material kulit asli agar awet dipakai dan tekstur kulitnya pun akan berubah menjadi lebih bagus. Tetapi yang harus diingat adalah sesuaikanlah ikat pinggang dengan budget yang Anda punya.

2. Jahitan ikat pinggang

Jangan lupa untuk memperhatikan kerapian jahitannya. Pilihlah ikat pinggang kulit dengan jahitan yang halus. Pada bagian pinggir ikat pinggang terdapat jahitan dengan pola yang bisa bervariasi pada tiap belt. Ada ikat pinggang yang memiliki pola jahitan besar dengan benang berwarna yang cocok untuk busana kasual. Ada juga yang tidak memiliki jahitan sama sekali, tipe seperti ini juga lebih cocok untuk pemakaian kasual.

3. Warna ikat pinggang

Pilihlah ikat pinggang dengan warna yang tidak terlalu mencolok. Warna yang secara umum cocok untuk situasi ini adalah hitam dan cokelat. Selain itu untuk tetap tampil fashionable, sesuaikanlah warna ikat pinggang dengan sepatu yang dikenakan.

4. Lebar ikat pinggang

Pilihan lebar ikat pinggang sangat beragam. Untuk penampilan yang formal gunakanlah ikat pinggang kulit yang ukurannya kecil dengan lebar ideal adalah sekitar 3 cm.

5. Desain ikat pinggang

Desain ikat pinggang yang tersedia pun beragam, mulai dari model simple hingga model embossed atau yang memiliki pola berbentuk rajutan. Pilihlah belt yang permukaannya mulus dan polos tanpa dekorasi.

6. Bentuk gesper

Gesper adalah kepala sabuk yang terbuat dari metal dan berfungsi menahan sabuk tetap pada posisinya. Untuk acara formal pilihlah gesper persegi panjang dengan satu pin untuk dimasukkan ke dalam lubang ikat pinggang. Ada juga tipe gesper tanpa pin sehingga tidak perlu melubangi sabuk.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.