ikat pinggang pria

Selain untuk menjaga agar celana tidak melorot, ikat pinggang juga menjadi sebuah simbol style untuk pria. Ikat pinggang saat ini menjadi bagian penting dalam berbusana pria. Ikat pinggang pria yang tepat akan membantu meningkatkan penampilan Anda. Ikat pinggang sejatinya dapat digunakan di celana apa saja yang memiliki tali untuk ikat pinggang, efek keberadaannya juga dapat membuat Anda tampil lebih stylish.

Ternyata ada aturan tertentu yang bisa Anda ikuti dalam memilih ikat pinggang sesuai dengan fashion item lain yang Anda gunakan dan sesuai dengan acara yang akan dihadiri. Agar tidak salah pilih saat menggunakan ikat pinggang, simak tips berikut ini.

1.      Perhatikan bahan pembentuknya

Ada berbagai macam bahan pembentuk ikat pinggang yang beredar di pasaran. Bahan yang paling umum adalah kulit. Bahan kulit sendiri bisa bermacam-macam jenisnya seperti cowhide atau kulit sapi yang umum kita temui, suedeshell cordovan (kulit kuda bagian belakang) hingga exotic leather seperti kulit buaya atau ular yang menarik perhatian.

Keunggulan ikat pinggang berbahan kulit adalah lebih awet dan akan membentuk patina yang keren seiring berjalannya waktu, kekurangannya adalah harga ikat pinggang kulit cenderung mahal. Bahan lainnya yang juga banyak beredar di pasaran adalah ikat pinggang kulit sintetis. Ikat pinggang ini bentuknya menyerupai ikat pinggang kulit namun bahan yang digunakan adalah sintetis sehingga akan lebih cepat rusak daripada kulit asli.

2.      Perhatikan bagian buckle-nya

Dalam memilih buckle, selain bentuk Anda juga perlu memperhatikan warnanya. Usahakan warna buckle ikat pinggang sama dengan warna bahan metal lain yang ada di tubuh Anda misalnya jam tangan atau buckle yang ada di sepatu. Jika warna bahan metal di jam tangan Anda silver, sebaiknya Anda juga memakai ikat pinggang dengan buckle silver agar penampilan Anda lebih elegan dan rapi.

3.      Perhatikan warna ikat pinggang

Warna ikat pinggang akan berpengaruh pada penampilan Anda, terlebih jika Anda masukkan baju ke dalam celana. Warna yang bisa digunakan dalam segala situasi adalah coklat tua, warna ini akan lebih cocok dengan busana formal maupun kasual.

Sebaiknya, usahakan warna ikat pinggang Anda sama dengan warna bahan kulit lain yang Anda pakai. Misalnya warna jam tangan dan sepatu coklat, maka sebaiknya Anda juga menggunakan ikat pinggang berwarna coklat.

4.      Perhatikan ukuran ikat pinggang

Ikat pinggang untuk busana formal memiliki ukuran yang lebih tipis dibanding ukuran ikat pinggang kasual. Pilihlah ikat pinggang dengan lebar sekitar 1-1,5 inci sedangkan untuk busana kasual seperti jeanschinos dan celana pendek maka ukuran 1,5-1,75 inci lebih cocok Anda pakai. Sedangkan untuk panjang ikat pinggang, sebaiknya disesuaikan dengan ukuran tubuh.

5.      Sesuaikan ikat pinggang dengan acara yang dihadiri

Pria sejati selalu menjaga penampilannya dan menyesuaikan penampilan dengan acara yang dihadiri. Jika datang ke acara formal, ikat pinggang kulit dengan ukuran kecil dan buckle standar cocok Anda pakai dan jika Anda sedang bersantai bersama teman-teman maka ikat pinggang dengan buckle yang lebih bervariasi dengan bahan kulit atau fabric yang lebih berwarna merupakan pilihan bijak yang sesuai dengan kegiatan yang akan Anda lakukan.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.