pomade terbaik

Tidak berbeda dengan fashion, tren gaya rambut juga berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk untuk menata serta mengunci gaya rambut, seperti pomade. Pomade merupakan salah satu produk untuk menata rambut selain gel dan wax. Namun akhir-akhir ini pomade lebih diminati oleh semua kalangan karena hasilnya yang lebih bagus dibanding dengan jenis lainnya.

Bagi Anda yang ingin tampil dengan berbagai macam gaya rambut, pomade merupakan pilihan yang tepat. Berbagai jenis pomade dapat Anda temukan baik di online maupun di jual offline seperti di barbershop. Namun sebelum memutuskan membeli pomade yang tepat untuk Anda, ketahuilah tips memilih pomade yang bagus berikut.

1. Bahan dasar pomade

Pomade dibedakan jenisnya berdasarkan bahan pembuatannya. Ada tiga macam bahan baku utama pomade terbaik, diantaranya air, minyak, hingga kombinasi air dan minyak. Dengan memakai pomade akan memberikan kesan rapi dan klimis pada rambut Anda. Akan tetapi jangan lupa untuk memperhatikan kondisi rambut Anda.

Pomade dengan bahan dasar minyak dapat digunakan bagi Anda yang memiliki aktivitas di luar ruangan. Karena ketika Anda berada di luar ruangan rambut basah karena berkeringat, sehingga rambut akan berantakan. Dengan menggunakan oil based pomade ini akan menjaga tatanan rambut Anda tetap rapi. Selain itu jenis oil ini akan pomade ini bisa memberikan kilap lebih baik dibandingkan jenis pomade lainnya.

Sedangkan pomade water based formula lebih mudah untuk dibersihkan, dan mudah hilang. Jenis pomade berbahan dasar air ini lebih cocok dipakai untuk kegiatan ringan seperti jalan-jalan atau nongkrong.

Jenis pomade mix based merupakan pomade yang menggunakan minyak dan air sebagai campuran bahan utamanya. Pomade dari kombinasi air dan minyak ini ketahanannya lebih baik dibanding dengan jenis water based, namun performanya lebih rendah daripada oil based.

2. Daya tahan pomade

Oil based pomade memiliki tiga macam daya tahan. Pomade oil based formula memiliki 3 varian kekuatan atau kemampuan menahan rambut, yakni light, medium, dan heavy hold. Setiap varian level memiliki daya tahan yang berpengaruh pada hasil akhir ketika dipakai. Light pomade merupakan tipe yang dibuat khusus untuk memberikan penampilan klasik berupa rambut klimis dan mengkilap. Tekstur dari light pomade lebih lembut dan mudah diratakan dengan tangan.

Level hold dari pomade light memiliki ketahanan yang cukup lemah sehingga kurang direkomendasikan untuk pemakaian di luar ruangan. Selanjutnya, tipe medium hold pomade yang cocok dipakai oleh Anda yang ingin memakai pomade simpel tapi memberikan daya hold yang lumayan. Tekstur medium hold pomade ini lembut, lebih padat dan solid.

3. Jenis rambut

Anda harus selektif dalam menggunakan pomade. Sesuailanlah pomade dengan jenis rambut Anda, sehingga bisa mendapatkan gaya rambut yang diinginkan.

Bagi Anda yang memiliki jenis rambut lurus dan tipis, direkomendasikan menggunakan pomade dengan karakteristik yang ringan seperti water based, oil based light, atau oil based medium pomade. Sedangkan untuk tipe oil based heavy pomade sebaiknya dihindari karena akan menyebabkan rambut Anda semakin tipis.

Anda yang memiliki rambut lurus dan tebal, bisa menggunakan hampir semua jenis pomade mulai water based, oil based, hingga mixed pomade.

Sedangkan bagi Anda yang mempunyai rambut sedikit bergelombang atau ikal, tipe heavy merupakan maka pomade yang cocok untuk Anda.

4. Aroma pomade

Salah satu aspek yang menjadi keunggulan pomade adalah aroma atau wanginya. Kini sangat mudah untuk mendapati pomade dengan berbagai macam pilihan aroma, mulai dari buah-buahan hingga aroma kombinasi yang menyegarkan. Sesuaikanlah aroma pomade dengan karakteristik Anda.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.