semir sepatu

Sepatu kulit berdasarkan jenis kulitnya terdiri dari tiga tipe. Dengan menggunakan semir sepatu yang tepat, sepatu Anda akan menjadi lebih awet dan tahan lama.

Sepatu kulit harus dirawat dengan perawatan khusus, apalagi yang memiliki goresan harus dirawat dengan benar. Pastikanlah kandungan semir dengan bahan kulit sepatu sesuai agar Anda tidak salah beli semir dan sepatu kulit menjadi rusak.

Berikut jenis semir sepatu berdasarkan jenis kulit sepatu:

1. Sepatu kulit halus

Sepatu dengan jenis kulit halus memiliki permukaan yang halus juga sehingga cocok menggunakan semua jenis semir sepatu. Sepatu kulit halus memiliki desain tanpa hiasan timbul atau ukiran pada permukaan sepatu. Jenis kulit sepatu halus dibagi menjadi dua jenis, yaitu silver leather, dan glass leather. Kedua jenis kulit sepatu ini cocok dengan segala jenis semir.

2. Sepatu kulit suede

Semir sepatu yang tepat digunakan untuk jenis kulit suede adalah yang tidak mengandung minyak. Kulit suede memiliki permukaan yang tidak mengilat sehingga membutuhkan perawatan yang berbeda. Sepatu kulit suede dibersihkan dengan cara menyikat menggunakan semir sepatu yang tidak berbahan oil cream. Kandungan pada oil cream berfungsi memberikan nutrisi pada sepatu, sehingga jika Anda menggunakan oil cream, tekstur kulit suede yang unik tersebut akan hilang. Untuk menghindari hal tersebut, maka pilihlah semir yang khusus untuk kulit suede, yang tidak mengandung minyak.

3. Sepatu kulit delicate

Sepatu kulit yang terbuat dari bahan delicate seperti aniline calf, Anda bisa menggunakan jenis semir yang mengandung pelembap yang tinggi. Kandungan pelembap yang tinggi ini akan melembapkan kulit sepatu karena memiliki daya serap yang bagus. Berhati-hatilah ketika menggunakan jenis semir yang mengandung banyak lilin dan lemak karena dapat menyebabkan timbulnya noda, dan permukaan kulit menjadi tidak rata.

Sangat disarankan untuk membeli produk semir dari bahan alami yang mengandung minyak alami dan beeswax sebagai kandungan utamanya, biasanya tidak memiliki aroma semir sepatu, dan ada sedikit aroma manis. Sebaliknya, produk yang mengandung pelarut minyak bumi organik memiliki aroma yang lebih terasa.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.