kemeja formal pria

Beberapa pria mungkin kesusahan saat memilih ukuran kemeja yang pas bagi mereka. Ternyata ini bukan merupakan hal yang mudah, apalagi ketika mencari kemeja formal. Kemeja pria seringnya tidak memiliki ukuran kemeja khusus untuk setiap pria, karena yang beredar di pasaran umumnya memiliki ukuran standar.

Akibatnya, banyak pria yang memutuskan untuk membuat custom kemeja sendiri dengan mendatangi tukang jahit untuk membuat ukuran kemeja formal yang pas badan. Akan tetapi tidak sedikit pula pria yang mau mencari kemeja formal dengan ukuran yang pas dengan mencobanya satu per satu.

Bagaimana cara menentukan ukuran kemeja formal pria agar bisa menemukan kemeja yang pas dengan ukuran mereka?

Mengukur Leher

Ini merupakan langkah awal yang bisa dilakukan para pria untuk menentukan ukuran kemeja formal. Ukurlah lingkar leher dengan menggunakan pita ukur (meteran). Cara mengukurnya adalah di lingkar leher pada bagian yang biasa untuk tempat jatuhnya kerah. Lalu tambahkan 1.5 inchi dari hasil ukur Anda tersebut, dan ukuran tersebut di bulatkan ke atas. Misalkan hasil ukur 15,8 di bulatkan menjadi 16 inchi. Cara ini bertujuan agar kerah kemeja Anda tidak mencekik leher ketika dikancingkan.

Panjang Lengan

Setelah mengukur leher kemeja, ukurlah panjang lengan. Ketika mengukur lengan, posisi badan harus berdiri tegak dengan tangan di letakkan di samping. Ukurlah dari pangkal leher sampai ke pergelangan tangan. Hal yang perlu diperhatikan adalah pita ukuran harus jatuh datar pada bahu dan lengan. Tipsnya adalah menambahkan 1 inchi dari hasil ukur lengan lalu bulatkan ke atas.

Ukuran Pinggang Kemeja

Ukuran pinggang baju merupakan bagian yang penting. Jika Anda menginginkan kemeja yang pas di badan, Anda harus memberikan tahu ukuran pinggang. Cara mengukurnya adalah dengan posisi berdiri dan ukur lingkar pinggang. Agar tidak terlalu ketat tambahkan 1,5 inchi dari hasil ukurnya.

Cutting Kemeja

Anda bisa menentukan sendiri potongan kemeja yang Anda inginkan, longgar atau pas di badan. Cutting athletic cut umumnya slim dan mengecil pada bagian pinggang, sedangkan regular cut sedikit lebih renggang. Ketika akan membeli kemeja, sebaiknya tanyakan kepada penjual jenis-jenis cutting pada mereknya, karena setiap merek memiliki cuttingan yang berbeda.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.