Belajar belanja baju efektif nan efisien ala cewek

Kamu familier dengan thrift shopping? Jika nggak, (sebenernya keterlaluan sih) mendingan kamu cari tahu deh. Kenapa mesti banget tahu? Pertama, terutama bagi kalian para pencinta fesyen, thrift shopping adalah salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan baju keren di harga super terjangkau!

Kedua, tren baju vintage yang notabene mudah ditemukan di toko-toko target thrift shopping sedang booming abis! Nah, mungkin kalau berbicara soal thrift shopping, para perempuan akan jauh lebih jago, karena memang nature-nya mereka lebih telaten soal belanja. Maka karena itu, kali ini kita akan mendapatkan tips langsung dari cewek agar kamu jadi jagoan thrift shopping.

1.Siapkan Perlengkapan dan Mental

Thrift Shop – Macklemore

Jangan kalah dulu sebelum bertempur. Bukannya lebay ya, tapi thrift shops itu bak medan pertempuran. Kalian mesti siap bersaing dengan orang lain untuk mengubek-ubek keranjang pakaian yang ditumpuk kalau kalian ingin mendapatkan a diamond in the rough (alias baju incaran). Lantas, ada beberapa hal yang kalian mesti siapkan sebelum berangkat berbelanja.

Pertama, siapkan tas kecil yang tidak mencolok (untuk menghindari copet zaman now yang makin jago) untuk menyimpan barang-barang esensial. Kedua, pakai baju yang biasa-biasa saja (kembali lagi untuk mengurangi kemungkinan kamu menjadi korban kriminal dan juga meningkatkan bargaining power). Ketiga, besarkan dadamu dan pura-pura menjadi orang bokek (kalau bokek beneran ya jadilah dirimu sendiri saja) agar kamu bisa mendapatkan the best deals.

2.Riset Tempat dan Barang Incaran

Thrift Shop Items

Nah, tips ini penting banget nih, terutama bagi kalian yang tinggal di kota-kota yang thrift shops-nya terselubung. Kalian perlu riset dulu, baik secara tidak langsung atau langsung tentang thrift shop incaran kalian. Hal yang perlu diriset adalah waktu toko buka, dan juga clothing items yang dijual di sana. Kalau kalian bingung kenapa waktu toko buka penting, jawabannya mudah. The early bird gets the worm, alias yang datang lebih awal akan mendapatkan barang yang lebih bagus.

Biasanya, semakin telat kalian sampai ke thrift shop (terutama pada akhir pekan), semakin kecil kemungkinan kalian untuk mendapatkan pakaian yang bagus. Jadi datanglah seawal mungkin jika kalian memang mau menggali harta karun. Selain itu, perhatikanlah barang-barang yang dijual di thrift shop yang akan kalian kunjungi, karena biasanya tiap thrift shop memiliki spesialisasi masing-masing. Misalnya saja ada thrift shop yang lebih banyak menjual outerwear seperti vintage track jacket.

3.Nego, Nego, dan Nego!

Thrift Shop

Mungkin hal yang satu ini akan lebih sulit dilakukan oleh para lelaki, terutama yang belum biasa pergi berbelanja di pasar. Kalau kamu sudah terbiasa melakukan negosiasi harga, good. Lakukanlah itu saat kamu mau pergi thrift shopping! Karena barang-barang yang dijual di thrift shops kebanyakan adalah barang second-hand atau biasa disebut oleh orang Indonesia sebagai barang pre-loved, harga yang ditawarkan sangat berkisar dan pastinya fleksibel.

Biasanya para thrift shops akan menentukan harga berdasarkan dari brand, kondisi, bahkan warna dari clothing item terkait. Nah, oleh karena itu kalian harus berani bernegosiasi saat thrift shopping. Cobalah menembak 50-70% lebih rendah dari harga yang dipasang karena biasanya kalian akan mendapatkan adjusted price yang ditawarkan oleh pengurus thrift shop tersebut. Tapi, kadang memang tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa item yang susah untuk dinego, seperti misalnya barang-barang branded dalam kondisi yang masih bagus.

4.Teliti dalam Mengecek Barang

Thrift Shop Item Details

Seperti yang telah disebut sebelumnya, kebanyakan barang yang dijual di thrift shops adalah barang bekas pakai. Nah, barang yang dipakai tentunya akan memiliki bekas wear and tear bukan? Maka karena itu kalian mesti teliti dan telaten saat mengecek kondisi barang sebelum memutuskan untuk membelinya karena biasanya thrift shops tidak membolehkan penukaran barang yang sudah dibeli apalagi refund.

Perhatikanlah apa ada robekan, goresan, warna yang memudar, atau bahkan bau yang tidak sedap. Oh ya, kekurangan dari barang yang kalian ingin beli bisa kalian jadikan sebagai dasar negosiasi harga lho! Intinya sih, jangan mau dikelabui oleh para penjual ya!

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.